Raja Salman Dirawat karena Peradangan Kantung Empedu

  • Bagikan

Saudi, KabarBerita.id — Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, dilaporkan dirawat di rumah sakit di ibu kota Riyadh untuk menjalani tes medis karena peradangan kantung empedu.

Informasi itu berdasarkan pernyataan Pengadilan Kerajaan pada Senin (20/7) yang disiarkan kantor berita Saudi Press Agency.

Dilansir Associated Press, dalam pernyataan itu disebutkan bahwa raja berusia 84 tahun itu sedang menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Spesialis Raja Faisal. Pernyataan itu tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Raja Salman telah berkuasa sejak Januari 2015. Dia dianggap sebagai raja Saudi terakhir dari generasinya yang telah memegang kekuasaan sejak kematian ayahnya yang juga sekaligus pendiri Arab Saudi, Raja Abdulaziz bin Abdul Rahman bin Faisal bin Turki bin Abdullah bin Muhammad Al Saud.

Raja Salman mempersiapkan putranya yang berusia 34 tahun, Pangeran Muhammad bin Salman, sebagai penerusnya.

Dengan dukungan ayahnya, Pangeran Muhammad mencoba memoles wajah kerajaan dalam beberapa tahun terakhir. Dia membuka kerajaan untuk tujuan wisata, dan perlahan mengikis pembatasan yang ditetapkan kalangan ultrakonservatif selama puluhan tahun dalam dunia hiburan dan hak-hak perempuan.

Pangeran Muhammad juga mencoba mencari lahan pendapatan baru supaya Saudi tidak ketergantungan dari ekspor minyak bumi.

Akan tetapi, Pangeran Muhammad disebut harus bertanggung jawab atas penahanan puluhan aktivis dan pengkritik kerajaan. Dia juga disebut harus bertanggung jawab atas keterlibatan Saudi dalam perang saudara di Yaman.

Selain itu, Pangeran Muhammad disebut mengumpulkan menekan anggota keluarga kerajaan untuk mencari kekuasaan.

Raja Salman memang belum terlihat di depan umum dalam beberapa bulan terakhir karena aturan menjaga jarak dan kekhawatiran tentang penyebaran virus corona dalam lingkungan kerajaan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *