Rahmat Gobel Buka Rumah Bantuan Hukum

Gorontalo, KabarBerita.id — Politisi Partai Nasdem yang juga mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel membuka Rumah Bantuan Hukum Rachmat Gobel (RBH-RG) di Gorontalo, telah dibuka sejak 23 April 2018.

RBH-RG tidak hanya menunggu masyarakat yang akan meminta bantuan pendampingan hukum, tetapi akan melakukan sistem “Jemput Bola” terjun langsung ke masyarakat.

“Kita tidak hanya berdiam diri menunggu masyarakat yang datang, kami akan datang langsung ke masyarakat hingga pelosok, dan juga publikasi lewat media,” kata Arie Duke, ketua umum RBH-RG, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa tujuan dibentuknya RBH-RG ini memberikan bantuan hukum kepada masyarakat kurang mampu, edukasi, dan pemberdayaan tentang aspek hukum itu sendiri.

Di lembaga ini pihaknya punya lima program utama yaitu, pendidikan hukum, pemberdayaan hukum, pendampingan hukum, penelitian hukum, dan terakhir prioritas perlindungan hukum bagi masyarakat miskin, perempuan anak dan kaum disabilitas.

“Ke masyarakat kami akan memberikan penyuluhan edukasi mengenai hukum, termasuk juga kepada aparat desa,” tegasnya.

Menurutnya, pendampingan yang diberikan RBH-RG kepada masyarakat kurang mampu ini diberikan sebelum perkara tersebut berproses di kepolisian, dan pendampingan yang diberikan hingga ke tingkat pengadilan.

Namun sebelum suatu perkara berproses di kepolisian, pihaknya akan menggunakan pendekatan persuasif jika bisa diselesaikan secara musyawarah alangkah lebih baik lagi.

“Kalaupun sudah sampai di tingkat pengadilan, ya tetap kita akan dampingi juga,” urainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here