Quartararo Menang, Miller-Mir Tabrakan di MotoGP Portugal

Jakarta, KabarBerita.id — Pembalap Yamaha Fabio Quartararo menang MotoGP Portugal 2022, Minggu (24/4) dalam balapan yang diwarnai drama tabrakan melibatkan Jack Miller dan Joan Mir.

Mir melakukan start sensasional dengan memimpin balapan di tikungan pertama. Pembalap Suzuki itu memimpin atas Johann Zarco dan Quartararo.

Suzuki benar-benar luar biasa pada saat start. Alex Rins yang memulai balapan dari posisi 23, mampu berada di posisi 10 di beberapa tikungan awal lap pertama.

Mir kemudian memimpin hingga lap ketiga sebelum diambil alih Quartararo di jalur lurus saat lap keempat mulai. YZR-M1 yang sebelumnya disebut Quartararo memiliki masalah dengan kecepatan, terlihat sangat cepat saat menyalip Mir di jalur lurus.

Quartararo langsung tancap gas usai memimpin. Satu lap kemudian pembalap berjuluk El Diablo itu sudah memimpin 0,9 detik atas Mir.

Nasib sial kemudian dialami Enea Bastianini. Pembalap Gresini itu dipastikan kehilangan posisi di puncak klasemen MotoGP 2022 setelah terjatuh di lap 10. Bastianini kehilangan kendali di tikungan delapan.

Dua lap kemudian Quartararo mulai tidak terkejar. Dominasi pembalap asal Prancis itu sudah mencapai hingga lebih dari 3 detik di depan.

Balapan lebih seru terjadi di perebutan posisi kedua. Persaingan ketat terjadi antara Zarco, Mir, dan Jack Miller. Drama kemudian terjadi pada lap ke-19.

Miller melakukan kesalahan saat memasuki tikungan pertama, terjatuh, dan kemudian menyapu Mir dalam prosesnya. Alhasil kedua pembalap gagal finis.

Usai terjatuh Mir menunjukkan gestur sarkasme dengan bertepuk tangan di depan Miller. Mengingat sejarah buruk kedua pembalap, tindakan Mir sudah bisa diprediksi. Namun kedua pembalap terlihat bersalaman dan berpelukan di pinggir trek.

Insiden itu menguntungkan Aleix Espargaro yang naik ke posisi tiga. Terlebih pembalap Aprilia itu sudah memiliki keunggulan lebih dari satu detik atas Alex Rins.

Dominasi Quartararo sudah tidak tertahankan. Memasuki tiga lap terakhir balapan MotoGP Portugal 2022, pembalap Yamaha itu sudah unggul 6,2 detik atas Zarco.

Quartararo akhirnya menang MotoGP Portugal 2022 dengan unggul atas Zarco dan Aleix Espargaro.

Tinggalkan Balasan