putin: Eks Ketua Parlemen Kanada Idiot dan Tak Sekolah

Presiden Rusia Vladimir Putin

Jakarta, KabarBerita.id — Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut mantan ketua parlemen Kanada sebagai “idiot”, setelah politikus itu secara terbuka memuji seorang veteran Ukraina yang berperang untuk Nazi selama Perang Dunia II.

Putin merujuk pada insiden saat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Kanada bulan lalu.

Saat kedatangan Zelensky ke parlemen, Ketua Parlemen Kanada Anthony Ruta memuji veteran lansia asal Ukraina itu sebagai pahlawan. Tamu yang hadir di pertemuan itu pun bertepuk tangan.

Ruta akhirnya mengundurkan diri, setelah terungkap bahwa veteran itu pernah bertugas di unit militer yang terkait dengan Nazi.

“Jika ketua parlemen Kanada mengatakan bahwa selama Perang Dunia II, Nazi Kanada-Ukraina atau Ukraina-Kanada berperang melawan Rusia, dia pasti paham bahwa dia berperang di pihak Hitler,” kata Putin dikutip AFP.

Putin melanjutkan, “Jika dia tahu bahwa Hitler dan antek-anteknya berperang melawan Rusia selama perang, maka dia bodoh. Itu berarti dia tidak bersekolah.”

“Rasanya sangat menjijikan bahwa semua orang memuji Nazi ini terutama Presiden Ukraina, yang memiliki darah Yahudi di nadinya.”

Pasca insiden itu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah menyampaikan permintaan maafnya.

Ketua Parlemen Anthony Ruta pun langsung mengundurkan diri dan menyatakan penyesalannya.

“Dengan berat hati saya ingin menyampaikan kepada para anggota bahwa saya mengundurkan diri dari jabatan Ketua House of Commons,” kata Rota, seperti dikutip AFP, Selasa (26/9).

Dia juga menyampaikan penyesalan mendalam atas kesalahannya dan meminta maaf atas rasa sakit yang ditimbulkan kepada komunitas Yahudi di Kanada dan di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan