Provinsi Yunnan China diguncang Gempa Magnitudo 6,1

  • Bagikan
Gempa Yunan China

Jakarta, KabarBerita.id — Gempa bumi guncang provinsi Yunnan di Cina dengan kekuatan magnitudo 6,1 di bagian barat daya pada hari Jumat (21/5) pada pukul 21.48 waktu setempat.

Menurut hasil dari catatan United States Geological Survey (USGS), pusat gempa tersebut terjadi di dekat Kota Dali. Kota tersebut diketahui merupakan sebuah lokasi wisata yang populer.

Melansir dari AFP, sebelumnya USGS mencatat bahwa gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6,0 lalu kemudian di lakukan revisi. Mereka juga mencatat bahwa gempa tersebut berada di kedalaman 10 km.

Melalui postingan platform Weibo, Pusat Jaringan Gempa China (CENC) telah berupaya memperingatkan warga untuk menjauhi bangunan-bangunan.

Sampai saat ini belum terdapat laporan apakah gempa tersebut menyebabkan adanya korban maupun kerusakan. Dari alat pemantau gempa terlihat bahwa gempa ini disusul dengan serangkaian gempa kecil kurang dari 1 jam sebelumnya.

Negara China sering dilanda gempa bumi secara berkala, dan yang paling utama ialah di daerah pegunungan Barat dan Barat Daya di mana kota Y
unnan berada. Tumbukan lempeng tektonik India dan Eurasia membuat wilayah ini sering mengalami aktivitas seismik.

Di bulan Oktober tahun 2014 lalu ratusan warga kota Yunnan mengalami luka-luka dan banyak yang mengungsi akibat gempa magnitudo 6,0.

Selain di kota Yunnan pernah terjadi gempa berkekuatan magnitudo 7,9 di provinsi Sichuan barat daya pada tahun 2008 yang mengakibatkan orang tewas sebanyak 87.000 dan lainnya dinyatakan hilang.

Sementara pada bulan Februari tahun 2003 di xinjiang China juga terjadi gempa berkekuatan magnitudo 6,8 yang menewaskan 268 orang dan berakibat kerusakan serius di kota tersebut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan