Program P3-TGAI Belitung Timur Buat Irigasi Lebih Efektif

  • Bagikan

Manggar, KabarBerita.id — Bupati Belitung Timur Burhanudin dan Wakil Bupati Beltim Khairil Anwal meletakkan batu pondasi proyek pembangunan saluran irigasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Persawahan Danau Nujau Desa Gantung Kecamatan Gantung.

Program kegiatan yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat dengan nilai Rp 195 juta per lokasi ini akan membantu mengefektifkan irigasi sawah petani.

Program Perceparan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan program rehabilitasi, peningkatan, atau pembangunan jaringan Irigasi pada jaringan tersier baik pada Daerah Irigasi Kewenangan Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Desa yang dilaksanakan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) secara swakelola padat karya.

Panca Hermawan selaku Kepala Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung mengatakan program ini bukan kontraktual namun swakelola dengan sistem pengerjaan padat karya oleh masyarakat.

Diusulkan, direncanakan sendiri dari masyarakat, dikerjakan, pembelajaan material juga dilakukan sendiri masyarakat dan pengawasan oleh masyarakat itu sendiri.

Didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Onang Adiluhung, Panca mengatakan totalnya kurang lebih ada 10.000 P3-TGAI yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Untuk Provinsi Babel, mendapatkan telah ditetapkan 50 lokasi P3-TGAI, dan semuanya menggunakan anggaran Kementerian PUPR.

Dengan adanya program P3-TGAI ini diharapkanĀ  untuk peningkatan kinerja irigasi itu akan lebih merata lagi. Saluran irigasi yang sebelumnya sudah dibangun tetap harus diimbangi dengan program seperti ini untuk meratakan lagi pendistribusian air irigasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan