Prabowo Ziarah ke Makam Gus Dur dan Datangi Pondok Pesantren Tebuireng

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng di Kabupaten Jombang Jawa Timur pada Rabu (4/5) untuk bersilaturahmi dan berziarah ke makam Presiden ke-4 RI K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Prabowo mengatakan dia memanfaatkan

momen Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah untuk melakukan safari silaturahmi, termasuk mengunjungi Pesantren Tebuireng.

Prabowo hadir dengan didampingi sejumlah petinggi Partai Gerindra. Setibanya di Pesantren Tebuireng dia disambut pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng K.H. Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin.

Sejumlah kader Partai Gerindra juga menyambut kedatangan Prabowo mulai dari pintu masuk ke area pesantren hingga lokasi Ndalem Kasepuhan atau rumah pengasuh Pesantren Tebuireng.

Dengan didampingi Gus Kikin, Menteri Pertahanan itu masuk ke dalam Ndalem Kasepuhan. Keduanya berada di dalam rumah tersebut sekitar dua jam.

Namun Prabowo enggan menjelaskan apa yang dilakukannya di dalam Ndalem Kasepuhan.

Sementara itu, Gus Kikin mengatakan Prabowo memiliki hubungan dengan Tebuireng sudah lama. Ibu dari Prabowo kenal dekat dengan ibu dari Gus Dur.

Prabowo juga menyempatkan berziarah ke makam Gus Dur, yang lokasinya berada di area pesantren. Di makam tersebut juga terdapat makam tokoh nasional yang merupakan kakek, ayah, dan adik Gus Dur, yaitu K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, dan K.H. Sholahudin Wahid.

Selanjutnya Prabowo bersama rombongan bergeser ke Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang. Selain bersilaturahmi dengan pengasuh pondok, Prabowo juga berziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) K.H. Abdul Wahab Hasbullah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan