Berita  

PPP: Poros Ketiga Capres Sulit Menang


Jakarta, KabarBerita.id — Ketua Umum PPP M Romahurmuziy menilai poros ketiga sekalipun berhasil diwujudkan oleh Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Amanat Nasional akan sulit untuk meraih kemenangan pada Pemilihan Presiden 2019.

“Berdasarkan berbagai survei mutakhir sulit membayangkan kombinasi AHY, Zulhas atau Cak Imin akan meraih kemenangan melawan Jokowi atau Prabowo,” kata Rommy, sapaan akrab Romahurmuziy, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Menurut Rommy, poros ketiga hanya mungkin dibentuk oleh tiga parpol itu karena dari 10 parpol pemilik kursi DPR RI, lima di antaranya sudah menyatakan akan mengusung Jokowi lagi, yakni PDIP, PPP, Golkar, Nasdem dan Hanura.

Sedangkan dua parpol lainnya, yakni Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera, hampir pasti bakal mengusung Prabowo Subianto.

Berdasar perolehan kursi, menurut Rommy, adalah wajar jika PD mengunggulkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menjadi capres. Adapun PAN yang dipimpin Zulkifli Hasan (Zulhas) dan PKB yang dipimpin Muhaimin Iskandar (Cak Imin), salah satu harus mengalah menjadi calon wapres.

“Problemnya, apa iya Zulhas dan Cak Imin yang sudah 20 tahun malang melintang di panggung politik nasional mau menanggalkan segudang pengalamannya kepada AHY yang sama sekali belum memiliki pengalaman manajerial sektor publik pada skala nasional?” Kata Rommy.

Selain itu, lanjut dia, karena posisi cawapres hanya untuk satu orang maka siapa yang menjadi cawapres, Zulhas atau Cak Imin.

“Maukah di antara Cak Imin dan Zulhas untuk mengalah satu sama lain tidak menjadi cawapres? Jika jawabannya tidak maka wacana poros ketiga hanyalah kembang-kembang politik sesaat, bukan sebuah alternatif, bahkan juga bukan pelarian,” katanya.

Tinggalkan Balasan