Berita  

Politisi PDIP Ini Kritik Jokowi yang tak Angkat Jutaan Guru Honorer

Jakarta, KabarBerita.id — Desakan untuk segera mengangkat jutaan guru honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) juga datang dari partai pendukung pemerintah.

Politisi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon mempertanyakan tentang Rancangan APBN 2019 yang tidak memasukkan anggaran bagi pengangkatan 1,2 juta guru honorer menjadi ASN.

Padahal, anggota DPR itu mengaku sangat berharap di akhir masa pemerintahan periode pertama Joko Widodo, ada kejelasan nasib bagi para guru honorer.

“Saya berharap Pak Jokowi mengangkat 1,2 juta guru honorer menjadi guru tetap. Tapi kemarin dialokasi di RAPBN 2019 kok tidak muncul. Ini kok kayak tidak seksi begitu,” kata Effendi dalam diskusi bertajuk “Vokasi dan Ironi Pendidikan di Era Milenial” di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11).

Menurut dia, isu pengangkatan guru honorer seakan dianggap tidak seksi oleh pemerintah. Padahal jika dilakukan, maka pemberitaan tentang itu tidak kalah booming jika dibandingkan dengan pembebasan tarif tol Jembatan Suramadu yang menghubungkan Kota Surabaya dengan Pulau Madura.

“1,2 juta guru honorer diangkat kan keren, kayak dia membebaskan tarif tol Suramadu,” pungkas Effendi.

Tinggalkan Balasan