Plt. Bupati Malinau Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2020 Sekaligus Akhir Masa Jabatan

  • Bagikan

Malinau, KabarBerita.id — Plt. Bupati Malinau Dr. Topan Amrullah, S.Pd, M.Si sampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2020 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malinau, pada Selasa (09/03).

Acara Penyampaian LKPJ Tahun Anggaran 2020 ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Malinau Ny. Ping Ding. Ia menjelaskan bahwa penyampaian LKPJ ini berpedoman pada Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah pasal 27 ayat 2 yang berbunyi kepala daerah mempunyai kewajiban untuk memberikan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah kepada pemerintah dan memberikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD serta menginformasikan penyelenggaraan pemerintah daerah kepada masyarakat.

“Penyampaian LKPJ akhir tahun anggaran ini disampaikan kepada DPRD paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir,” jelasnya.

Sementara itu, Plt. Bupati Malinau Dr. Topan Amrullah, S.Pd, M.Si yang ditemui usai acara menerangkan bahwa fungsi penyampaian LKPJ ini agar DPRD bisa segera melakukan review terhadap laporan keterangan pertanggung jawaban apakah akan ada perbaikan, peningkatan, untuk pembangunan Kabupaten Malinau selanjutnya oleh kepala daerah dan staf dalam mengambil kebijakan.

“Tadi juga sekaligus penyampaian LKPJ terakhir masa jabatan 2016-2021 walaupun dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tidak diamanatkan untuk penyampaian LKPJ akhir masa jabatan tetapi sebagai bentuk tanggung jawab kami, Dr. Yansen dan saya kepada masyarakat Kabupaten Malinau sehingga kita tetap menyampaikan LKPJ akhir masa jabatan 2016-2021. Hal ini bisa menjadi catatan rekomendasi untuk kepala daerah dan wakil kepala daerah selanjutnya yang akan memimpin Malinau,” ungkapnya.

Untuk penyampaian rekomendasi dari DPRD sendiri akan disampaikan 30 hari kedepan setelah penyampaian LKPJ.

“Jika 30 hari kedepan tidak ada catatan dan rekomendasi dari DPRD maka berarti seluruh penyampaian LKPJ kita itu bisa diterima oleh DPRD,” ujarnya.

“Akhirnya dengan segala kerendahan hati, saya mengharapkan saran, pendapat dan dukungan dewan yang terhormat serta seluruh lapisan masyarakat untuk selalu merapatkan barisan dan bergandengan tangan dalam melaksanakan pembangunan demi kemajuan dan kejayaan Kabupaten Malinau bumi Intimung yang kita cintai ini,” imbuhnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan