PLN: Waspada, Banyak Penipuan Lowongan Kerja


Jakarta, KabarBerita.id — PT PLN mengimbau agar pelamar kerja berhati-hati terhadap penipuan informasi pembukaan lowongan pekerjaan di PLN. Ditegaskan, perusahaan tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen dan tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti seleksi.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka mengatakan, saat ini tengah marak sekali penipuan seputar lowongan kerja, PLN hanya akan melakukan proses rekrutmen melalui situs rekrutmen terbaru kita yang dapat diakses di rekrutmen.pln.co.id atau website resmi PLN www.pln.co.id di menu Karier.

“Hanya itu saja, tidak ada jalur yang lain, tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi, serta akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi,” kata Made, di Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Untuk menjaring tenaga kerja unggul baru, PLN menggunakan sistem rekrutmen baru, yakni sistem member online melalui aplikasi berbasis web yang dapat diakses melalui rekrutmen.pln.co.id. Aplikasi ini memungkinkan siapapun untuk melihat informasi tentang rekrutmen PLN dan lowongan yang dibuka.

Pelamar cukup masuk ke aplikasi dan mendaftar sebagai anggota dengan menyiapkan soft copy KTP, ijazah, transkrip akademik, akte kelahiran dan sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL ITP, TOEFL IBT, TOEFL prediction, TOEIC dan IELTS).


Harus Diperhatikan

Segala informasi rekrutmen PLN dapat dilihat pada situs resmi www.pln.co.id dan rekrutmen.pln.co.id. Oleh karena itu, beberapa hal yang harus diperhatikan bagi para pelamar kerja di antaranya adalah:

1. PLN tidak bekerjasama dengan pihak lain termasuk biro travel perjalanan untuk program rekrutmen

2. PLN hanya melakukan proses rekrutmen melalui situs rekrutmen.pln.co.id

3. PLN tidak memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen

4. Masyarakat diharapkan berhati-hati dengan modus penipuan yang memanfaatkan program rekrutmen PLN

5. Masyarakat diharapkan melakukan pengecekan melalui website resmi PLN www.pln.co.id atau Contact Center PLN 123, yaitu telepon (kode area) 123, twitter @pln_123, email [email protected], dan Facebook PLN 123.

Tinggalkan Balasan