PKS Siapkan Lebih dari Satu Capres Hanya dari Internal

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Sekretaris Jendral PKS Aboe Bakar Al-Habsyi mengklaim pihaknya sudah menyiapkan beberapa kader internal untuk diajukan sebagai kandidat presiden yang akan berlaga di Pilpres 2024.
“Tapi kita sudah menyiapkan tokohnya. Pasti kita akan lebih dari satu dan kita tidak akan pilih dari yang lain kecuali dari PKS,” kata dia, dalam gelaran Rakernas PKS 2021, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (18/3).

Meski demikian, Aboe enggan untuk menyebut siapa sosok kader PKS yang sudah disiapkan menjadi bakal capres 2024 tersebut.

Ia hanya menjelaskan mekanisme untuk mengusung calon presiden oleh PKS berbeda dengan kebanyakan partai lain, semisal menggelar konvensi capres untuk 2024. Mekanisme pemilihan capres yang akan diusung oleh PKS, katanya, dilakukan melalui proses penggodokan di internal partai.

“Pemilihan secara internal dan baru nanti akan ke publik, kita lihat nanti di penghujung waktu,” kata dia.

Lebih lanjut, Aboe menegaskan bahwa PKS tak bisa sendirian dalam mengusung kandidat calon presiden di 2024. Sebab, perolehan suara PKS di Pemilu 2019 lalu hanya memperoleh 11.493.663 suara atau 8,21 persen.

Diketahui, aturan ambang batas untuk mengusung presiden (presidential treshold) di UU Pemilu saat ini ialah sebesar 20 persen perolehan suara nasional dalam pemilu legislatif sebelumnya atau 25 persen jumlah kursi di DPR RI.

Melihat hal itu, Aboe membuka peluang untuk berkoalisi dengan parpol lainnya untuk mengusung pasangan capres-cawapres di 2024.

“Ini masih panjang masih ada dua tahun. Masih dua tahun hitungan kita, kita enggak hitung tiga tahun lebih. Kita bicara di 2 tahun. Dan PKS akan bekerja keras dari sekarang akan start, akan bergerak nanti kita lihat. Baru kita akan umumkan di penghujung-penghujung waktu,” kata Aboe.

Diketahui, pada Pilpres 2019 PKS mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang bukan merupakan kader internalnya. Kedua mantan calon presiden-wapres itu sendiri masuk Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan