PKS-PPP Buka Wacana untuk Koalisi Parpol Islam pada Pilpres 2024

  • Bagikan
Aboe Bakar Al-Habsyi

Jakarta, KabarBerita.id — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membuka peluang untuk membentuk koalisi partai politik Islam menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sekjen DPP PKS, Aboe Bakar Al-Habsyi, mengungkapkan penyelenggaraan Pilpres 2024 masih cukup lama. Sehingga kemungkinan penjajakan untuk membentuk koalisi parpol Islam di Pilpres 2024 masih terbuka.

“Penjajakan-penjajakan ini masih ada 2,5 tahun sampai 3 tahun, eh 2,5 tahun. Jadi sangat memungkinkan [bentuk koalisi parpol Islam],” kata Aboe dalam konferensi pers di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan pada Rabu (14/4).

Aboe menerangkan, PKS marupakan parpol yang mengusung visi rahmatan lil ‘alamin atau politik sebagai manifestasi Islam yang penuh kasih sayang.

Menurutnya, PKS membuka segala kemungkinan untuk dapat berkoalisi dengan parpol manapun di Pilpres 2024.

“Kita menyambut siapapun yang akan bergabung dan kita akan menyatukan kerja sama dengan partai lain. Maupun dengan yang lain, jadi sangat mungkin waktu masih panjang,” ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen DPP PPP Arwani Thomafi mengungkap soal kemungkinan untuk membentuk koalisi parpol Islam bersama PKS. PPP, kata dia, terbuka untuk berbicara dengan PKS tentang sistem kepemiluan supaya membuat pesta demokrasi Pemilu 2024 menjadi enak dan lebih dinikmati semua pihak.

“Masyarakat dan parpol dan semua pihak. Saya kira tentu kita terbuka untuk bicara dalam berbagai sisi untuk menuju tatanan 2024 lebih baik,” kata Arwani.

Pada pertemuan PPP dan PKS sendiri telah terjalin kesepakatan sebanyak tujuh poin, yaitu PKS dan PPP berkomitmen bersama menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila sesuai dengan tercantum dalam pembukaan UUD Indonesia 1945 serta PKS dan PPP akan berjuang bersama dalam menjaga demokrasi supaya tetap sehat sesuai amanat reformasi.

Kemudian, PKS dan PPP berkomitmen bersama mengajak umat Islam Indonesia untuk menampilkan, mengahdirkan dan mengamalkan nilai-nilai Islam pada seluruh aktivitas dan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara serta berkomitmen bersama untuk membangun dan memajukan ekonomi umat, ekonomi syariah dan UMKM.

PKS dan PPP juga berkomitmen bersama menjadi bagian dari solusi atas berbagai krisis dampak daripada pandemi Covid-19

Kemudian, PKS dan PPP akan berkolaborasi memberikan pemahaman dan mengajak seluruh masyarakat agar turut aktif mencegah kerusakan lingkungan serta menghemat energi. PKS dan PPP juga mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadikan Ramadan 1442 h sebagai bukan muhasabah saling peduli dan berbagi terhadap sesama terhadap atas berbagai musibah di Indonesia.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan