PKS Pertimbangkan Khofifah-Emil untuk Pilkada Jatim 2024

Surabaya, KabarBerita.id — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuka kemungkinan untuk mengusung pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak dalam Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

“Iya, ada kemungkinan [mengusung Khofifah-Emil],” ujar Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan saat dikonfirmasi pada Rabu (17/7).

Irwan menyatakan bahwa keputusan akhir tinggal menunggu hasil dari DPP PKS di Jakarta. Ia berjanji akan segera memberikan informasi lebih lanjut jika ada perkembangan.

“Kita masih menunggu proses di DPP. Akan segera diberitahu nanti jika ada perkembangan,” katanya.

Sebelumnya, Khofifah Indar Parawansa menyatakan keinginannya untuk merekonsiliasi partai-partai yang bersaing dalam Pilpres 2024, agar dapat bergabung mendukungnya di Pilkada Jawa Timur 2024.

“Yang saya maksud dengan rekonsiliasi adalah, agar partai-partai pengusung di Pilpres bisa bekerja sama di Jatim,” ujar Khofifah di kediamannya di kawasan Jemursari, Surabaya, Kamis (6/6).

Ia menambahkan, jika rekonsiliasi ini berhasil, maka hal tersebut bisa menjadi contoh nasional tentang bagaimana partai-partai yang bersaing di Pilpres dapat bersinergi dalam satu koalisi di Jatim.

“Kami berharap Jatim bisa menjadi model rekonsiliasi nasional, dengan referensinya ada di Jatim,” tambahnya.

Hingga saat ini, pasangan Khofifah-Emil telah mendapat dukungan dari tujuh partai, yaitu PPP, Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, dan Perindo.

Sementara itu, beberapa partai yang belum menentukan calonnya adalah PDIP, PKB, Nasdem, dan PKS.

Tinggalkan Balasan