Pilkada di 6 Kabupaten Sumatera Utara Berpotensi Menghadapi Kotak Kosong

Medan, KabarBerita.id -– Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di enam kabupaten di Sumatera Utara (Sumut) berpotensi dihadapkan dengan pilihan kotak kosong. Hal ini terjadi karena hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar hingga batas akhir pendaftaran pada Kamis (29/8).

Enam kabupaten tersebut adalah Nias Utara, Serdang Bedagai, Pakpak Bharat, Asahan, Labuhanbatu Utara, dan Tapanuli Tengah.

“Pendaftaran bakal calon kepala daerah telah berlangsung dari 27 hingga 29 Agustus 2024. Namun, hingga masa pendaftaran berakhir, hanya ada satu bakal pasangan calon yang mendaftar di enam kabupaten tersebut,” ujar Robby Effendi, anggota KPU Sumatera Utara Divisi SDM dan Litbang, kepada CNN Indonesia pada Sabtu (31/8).

Karena itu, KPUD memperpanjang pendaftaran untuk enam wilayah tersebut. Pendaftaran tambahan dibuka selama tiga hari, dari 2 hingga 4 September 2024.

“Di enam kabupaten tersebut, akan dilakukan sosialisasi dan pengumuman selama tiga hari, diikuti dengan tiga hari penerimaan pendaftaran, sehingga tahapannya berlangsung selama enam hari,” jelasnya.

Robby berharap ada pasangan calon lain yang mendaftar di enam wilayah tersebut, dengan tujuan untuk meminimalisir potensi Pilkada dengan calon tunggal melawan kotak kosong.

“Perpanjangan ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan adanya Pilkada dengan calon tunggal melawan kotak kosong. Namun, jika selama masa perpanjangan pendaftaran tidak ada calon lain yang mendaftar, maka calon tunggal akan melawan kotak kosong,” ungkapnya.

Pasangan calon di Nias Utara adalah Amizaro Waruwu-Yusman Zega, yang didukung oleh partai Golkar, Gerindra, PDIP, PAN, NasDem, Hanura, dan PSI. Di Serdang Bedagai, Darma Wijaya-Adlin Umar Yusri Tambunan didukung oleh 14 partai. Sementara itu, Franc Bernhard Tumanggor-Mutsyuhito Solin didukung oleh 11 partai di Pakpak Bharat.

Di Asahan, pasangan Taufik Zainal Abidin-Rianto didukung oleh 12 partai, dan di Labuhanbatu Utara, pasangan Hendriyanto Sitorus-Syamsul Tanjung juga didukung oleh 12 partai. Terakhir, pasangan Khairul Kiyedi Pasaribu-Darwin Sitompul di Tapanuli Tengah didukung oleh 9 partai.

Tinggalkan Balasan