Berita  

Piala AFF U-18: Indonesa Hajar Brunei 8-0

Indonesia kalahkan Brunei 8-0. (Foto: AFF)
Indonesia kalahkan Brunei 8-0. (Foto: AFF)

YANGON, Kabarberita.id – Indonesia meraih kemenangan meyakinkan atas Brunei Darussalam di laga terakhir fase grup Piala AFF U-18. Unggul 8-0, dipastikan lolos ke semifinal. Indonesia sudah unggul 6-0 di babak pertama laga yang dilangsungkan di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9/2017) sore WIB.

Indonesia tancap gas sedari awal. Laga baru berjalan 44 detik, Rafli langsung membawa Indonesia unggul 1-0 setelah memanfaatkan kesalahan bek-bek Brunei mengantisipasi bola liar.

Egy memperbesar kedudukan di menit 18. Sontekan Egy di dalam kotak penalti membawa Indonesia memimpin 2-0. Bola hasil tendangannya, yang sudah meluncur ke gawang, coba dihalau dua pemain lawan tapi si kulit bundar justru terus bergulir masuk. Empat menit berselang, pemain terbaik Touloun Tournament itu mencetak gol keduanya untuk membawa keunggulan Indonesia menjauh 3-0.

Menit ke-40, Witan ikutan mencatat namanya di papan skor. Tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti membawa Indonesia memimpin 4-0. Semenit berselang, Rafli mencetak gol keduanya setelah umpan Dedi Tri Maulana bisa disundul masuk ke gawang Amirul Hakim. Di masa injury time babak pertama, Rafli mencetak hat-trick. Indonesia pun menutup babak pertama dengan keunggulan 6-0.

Usai jeda, Indonesia mengganti Feby Eka dengan Saddil Ramdani. Peluang pertama langsung didapat, di mana Witan nyaris merobek gawang Amirul Hakim memanfaatkan umpan dari sisi kiri. Rafli hampir menambah keunggulan Indonesia di menit ke-51. Umpan Saddil bisa disontek, namun bola masih mengarah ke samping gawang Brunei.

Beberapa kali Indonesia melepaskan tendangan jarak jauh. Namun belum ada yang mengarah tepat ke gawang Brunei. Belum juga mendapat gol tambahan, Indra memasukkan Syahrin Abimanyu menggantikan Muhamad Luthfi.

Di menit ke-63, Indonesia nyaris menambah kedudukan. Aksi Egy merangsek ke dekat gawang di akhiri dengan melepas umpan kepada Rafli yang berdiri bebas. Namun Rafli gagal menendang bola dengan sempurna lantaran kakinya terlihat mengalami kram. Ia diganti Hanis Saghara.

Tak lama berselang, Indonesia memperbesar keunggulan jadi 7-0 lewat tandukan Witan. Semenit berselang, gol kedelapan Indonesia langsung lahir lewat aksi Hanis memanfaatkan umpan Egy yang lagi-lagi menusuk dari sisi kanan.

Peluang demi peluang kembali diciptakan pemain Indonesia. Di menit ke-83, Hanis nyaris menambah gol. Bola dari kaki Witan bisa diambil alih dan langsung ditendang, namun aksinya bisa diredam Amirul Hakim.

Di sisa waktu, serangan bertubi-tubi Indonesia tidak ada lagi yang membuahkan gol. Indonesia menang 8-0. Kemenangan ini mengantar Indonesia lolos ke semifinal dengan poin 9 dan selisih gol +15.

Susunan Pemain

Brunei: Amirul Hakim, Muhammad Rahimin, Abdul Wadud, Muhammad Nazif (Aslam Abdul 90′), Muhammad Wefi, Muhammad Nur Asyraffahmi, Muhammad Hanif (MD Nazmie 86′), Muhammad Abdul Mateen, Muhammad Aqil Abdul Hariz, Muhammad Azirul Asmadi

Indonesia: Muchamad Aqil Savik, Kadek Raditya, Samuel Christianson, Rachmat Irianto, Dedi Tri Maulana, Muhammad Luthfi (Syahrin Abimanyu 60′), Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Feby Eka (Saddil Ramdani 46′), Asnawi Mangkualam, Muhammad Rafli (Hanis Saghara 65′)

Tinggalkan Balasan