Perubahan Kecil yang Bantu Tingkatkan Metabolisme  

  • Bagikan
  • Jakarta, KabarBerita.id — Metabolisme yang cepat dan baik dinilai dapat menurunkan berat badan sekaligus menjaga diri kita tetap sehat secara keseluruhan.

Metabolisme merupakan suatu proses dimana pengubahan makanan menjadi energi di dalam tubuh.

Untuk itu dalam menjaga metabolisme tubuh agar dapat berjalan baik dan cepat kitab bisa melakukan sejumlah perubahan kecil sebagai berikut

1. Menambahkan protein ke dalam makanan

Melansir dari Times of India tubuh kita membutuhkan protein demi menjaga tubuh agar tetap sehat.

Protein berperan dalam membuat tubuh kita merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menghentikan kita dari makan yang berlebihan. Selain itu protein juga berperan dalam membangun otot dalam tubuh.

Dengan menambahkan jumlah protein ke dalam diet harian maka kita akan terbantu untuk menurunkan berat badan.

2. Jaga agar tetap terhidrasi

Penyerapan nutrisi dalam tubuh akan bekerja lebih baik ketika tubuh kita terhidrasi. Oleh karena itu kita wajib memastikan untuk banyak mengonsumsi asupan air minum sepanjang hari apa juga bisa ditambahkan dengan asupan cairan lainnya seperti jus, limun, dan air kelapa untuk bantu proses detoksifikasi tubuh.

3. Rutin Berolahraga

Menurut ahli dengan kita kurang aktif bergerak atau duduk berjam-jam bisa memperpendek usia kita. Oleh karena itu sebaiknya kita wajib melakukan aktivitas fisik seperti olahraga demi juga tubuh tetap sehat.

Selain baik untuk kesehatan fisik olahraga juga bagus untuk menjaga kesehatan mental dengan berolahraga setidaknya 5 hari dalam seminggu kurang lebih 40 sampai 45 menit tubuh kita akan terasa lebih sehat.

4. Tidur yang cukup

Tidur merupakan waktu dimana tubuh kita akan memperbaiki dirinya sendiri. Dengan tidur di malam hari akan memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas di Pagi harinya.

Tidur lebih awal di malam hari dan bangun lebih awal di pagi hari dapat kita terapkan untuk bantu menjaga rutinitas serta ritme sirkadian tubuh.

5. Memakan makanan pedas

Cabai dinilai dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita karena didalamnya terkandung zat capsaicin.

Ahli menyatakan dalam temuannya bahwa dalam dosis kecil capsaicin akan membantu pembakaran kalori dalam tubuh sebanyak 10 kalori serta meningkatkan metabolisme setiap kali kita makan.

Selain itu studi lain dari British Journal of Nutrition membuktikan bahwa jahe, lada hitam, lobak, dan Mustard terbukti juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan