Pertimbangkan Hal Berikut, Sebelum Beri Susu Formula untuk Si Kecil

Jakarta, KabarBerita.id — Susu formula sering menjadi opsi kedua para ibu yang kesulitan menyusui anaknya. Tidak sedikit ibu yang memilih menggunakan susu formula karena dinilai lebih mudah diterima anak daripada ASI biasa.

Sebagian orang menganggap susu formula dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi si kecil. Namun sebagian lainnya menganggap pemberian susu formula pada bayi merupakan tindakan yang salah.

Menyusui atau memberi susu formula memang menjadi pilihan yang bagus oleh semua ibu. Namun bagaimana apabila ibu pada akhirnya tidak memiliki pilihan lain selain memberikan susu formula? Apakah hal ini akan membahayakan si kecil?

Berikut ini baik dan buruk susu formula supaya dapat menjadi pertimbangan para ibu sebelum membuat keputusan.

Meski dianggap buruk akan tetapi ada beberapa manfaat susu formula yang bisa didapatkan oleh bayi, diantaranya

1. Atur kalori yang dikonsumsi bayi
Kemasan susu formula akan mencantumkan takaran kalori dan nilai gizi dalam setiap Sajiannya. Hal ini dapat membuat para ibu lebih mudah menghitung asupan kalori.

Dikutip Romper, seorang ibu dapat memperhitungkan jumlah kalori dari ASI, hanya saja mengetahui takaran dengan tepat pada susu formula memberikan ketenangan yang lebih.

2. Cocok untuk bayi yang alergi
susu formula memiliki banyak varian. Bahkan ada yang bebas gula dan terbuat dari susu kedelai.
Apabila bayi Anda memiliki alergi terhadap susu, maka susu formula dapat menjadi penyelamat hidup. Formula dapat diproses dengan cara yang membantu bayi menghindari reaksi alergi.

3. Kenyang lebih lama
Susu formula membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh bayi dan hal tersebut membuat mereka merasa kenyang lebih lama.

4. Tak perlu khawatir dengan makanan
Menukil laman WebMd, ketika sedang menyusui ibu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Namun berbeda apabila anda memberikan susu formula.

Anda dapat menikmati makanan apapun tanpa khawatir bayi mengalami alergi atau gangguan pencernaan.

Selain memberi manfaat susu formula juga dapat memberikan sejumlah dampak buruk, diantaranya,

1. Risiko sejumlah penyakit pada bayi
Ada banyak penyakit yang dapat muncul karena pemberian susu formula. Bayi dapat mengalami asma, obesitas bahkan penyakit jantung apabila terlalu banyak diberikan susu formula.

2. IQ lebih rendah
Dikutip dari berbagai sumber perkembangan kognitif anak yang diberi susu formula berjalan lebih lambat dibanding anak yang mendapat ASI eksklusif.

3. Diare
Anak yang diberi susu formula lebih rentan terkena diare daripada bayi yang diberi ASI.

4. Berbagai masalah yang dialami ibu
Beberapa masalah yang mungkin dialami seorang ibu jika tidak menyusui dan memilih memberi susu formula seperti berat badan naik, risiko kanker, mulai dari payudara, ovarium hingga kanker rahim, radang sendi dan depresi.

Tinggalkan Balasan