Peringatan Hari Anak Nasional ke-40 di Kota Magelang Mengundang Ribuan Anak untuk Bersuka Cita

Magelang, KabarBerita.id — Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 Tahun 2024 dirayakan meriah di GOR Samapta, kompleks Sport Center Gelora Sanden Kota Magelang pada Selasa (23/7/2023). Acara ini menjadi ajang kegembiraan bagi ribuan anak yang turut serta dalam berbagai kegiatan hiburan seperti pertunjukan musik, tari, drama, senam, dan lainnya.

 

Puncak peringatan ini dihadiri oleh Wali Kota Magelang, Wakil Wali Kota Magelang, Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Magelang, serta undangan lainnya.

 

Raynajwa Salma Amalia Rizquna, Ketua Panitia HAN ke-40 Kota Magelang dan juga ketua Forum Anak Organisasi Bocah Asli Magelang (Obama), menyatakan bahwa setiap tahun Forum Obama berkomitmen untuk memperingati HAN sebagai bentuk penghormatan terhadap hak anak.

 

Rizquna menekankan bahwa peringatan HAN tidak hanya sebagai acara seremonial belaka, melainkan sebagai wujud nyata dari komitmen untuk melindungi hak-hak anak.

 

“Kami berharap agar semua pihak aktif dalam menerapkan disiplin positif untuk mendukung perlindungan anak,” ujar Rizquna.

 

Dia juga mengapresiasi kerja sama dari berbagai pihak dan keyakinan akan prinsip “no left behind”, yang menurutnya akan membawa Kota Magelang menuju status Kota Layak Anak.

 

Retno Sudewi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Jawa Tengah, menyatakan kebanggaannya atas kesuksesan peringatan HAN ke-40 di Kota Magelang yang melibatkan langsung partisipasi anak-anak dari berbagai aspek acara.

 

Menurutnya, peringatan HAN menjadi platform penting untuk mendengarkan aspirasi dan harapan anak-anak, sebagaimana tercantum dalam 4 pilar hak anak menurut Konvensi Hak Anak PBB: hak kelangsungan hidup, hak perlindungan, hak tumbuh kembang, dan hak partisipasi.

 

“Wali Kota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz, juga mengapresiasi penyelenggaraan HAN yang dikomandoi oleh anak-anak Kota Magelang ini,” kata Retno.

 

“Dia mengajak seluruh masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan sehat bagi pertumbuhan anak-anak, sesuai dengan tema HAN 2024: Anak Terlindungi Indonesia Maju,” tambahnya.

 

Acara ini menunjukkan komitmen Kota Magelang dalam memberikan pengalaman berharga serta kegembiraan kepada anak-anak sebagai bagian dari upaya untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Tinggalkan Balasan