Perayaan Hari Anak Nasional di Halaman Balai Kota Payakumbuh Penuh Kemeriahan

Payakumbuh, KabarBerita.id — Ribuan anak-anak dari Kota Payakumbuh dengan antusias mengikuti perayaan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 tahun 2024, yang berlangsung di Lapangan Balai Kota Payakumbuh pada Jumat (02/08/2024).

 

Acara tersebut dimeriahkan dengan berbagai penampilan, seperti tari, pembacaan puisi, dan permainan tradisional. Selain itu, juga diadakan pemberian makanan sehat untuk anak-anak, distribusi 4.000 Kartu Identitas Anak, serta pemberian bendera Merah Putih secara simbolis kepada masyarakat dan organisasi kemasyarakatan.

 

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Payakumbuh, Forkopimda plus, Sekda, Bunda Paud, OPD, Camat, Lurah, kepala sekolah, dan orang tua menandatangani komitmen bersama mengenai anti kekerasan terhadap anak.

 

Pj Wali Kota Payakumbuh Suprayitno menyampaikan bahwa Peringatan HAN kali ini mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” yang menekankan pentingnya menjaga dan memenuhi hak-hak anak demi kemajuan masa depan bangsa Indonesia.

 

“Dalam peringatan HAN, terkandung nilai-nilai dasar yang diterapkan pada anak-anak Indonesia, yaitu berakhlak mulia, bahagia, peduli, berani, dan cerdas,” ungkapnya. Ia menambahkan bahwa kualitas anak dan generasi muda sangat mempengaruhi tingkat kemajuan suatu bangsa. Setiap anak perlu mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik dari segi fisik, mental, maupun sosial.

 

“Ini sangat penting dalam menyongsong generasi emas 2045, di mana anak-anak kita saat ini akan menjadi pemimpin bangsa pada tahun tersebut,” tambahnya.

 

Lebih lanjut, Suprayitno menyampaikan bahwa anak-anak zaman sekarang menghadapi tantangan yang lebih berat dibandingkan generasi sebelumnya. Era globalisasi membawa perubahan besar dalam tatanan kehidupan dengan berbagai implikasi.

 

“Banyak manfaat positif yang dapat diambil, namun juga ada dampak negatif yang harus diwaspadai oleh generasi muda. Ini harus menjadi perhatian kita semua,” tegasnya.

 

Ia menekankan pentingnya peran semua pihak dalam membentuk anak-anak yang religius, memiliki semangat kebangsaan, cinta tanah air, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, dan peduli sosial.

 

“Selamat Hari Anak Nasional, semoga anak-anak kita tumbuh menjadi pribadi yang berbudaya, mencerminkan identitas dan karakter bangsa Indonesia. Menjadi anak yang berprestasi, baik akademik maupun non-akademik, serta memiliki pengetahuan, keimanan, dan ketakwaan,” tutupnya.

 

Sementara itu, Bunda Paud Kota Payakumbuh Chece Rida Ananda menyampaikan bahwa peringatan HAN 2024 di Kota Payakumbuh melibatkan ribuan anak, termasuk 2.300 anak dari tingkat PAUD dan 200 anak dari masing-masing tingkatan mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

 

“Peringatan HAN tahun 2024 di Kota Payakumbuh sudah dimulai dengan peringatan di tingkat kecamatan melalui Pusat Kegiatan Gugus PAUD, yang berlangsung dari tanggal 29 Juli hingga 2 Agustus 2024,” jelasnya.

 

Ia menekankan bahwa permasalahan anak adalah tanggung jawab bersama, sehingga dibutuhkan perhatian dari seluruh pihak agar anak-anak terlindungi dan Indonesia semakin maju.

 

Acara tersebut juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Plus, Sekda Payakumbuh Rida Ananda, kepala OPD, camat, lurah, kepala sekolah, dan orang tua anak-anak yang terlibat.

Tinggalkan Balasan