Penyelam Diterjunkan di Tumpahan Minyak Balikpapan

Jakarta, KabarBerita.id — Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menerjunkan tim penyelam di lokasi bocornya pipa minyak milik PT Pertamina di perairan Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat.

Menurut Siti Nurbaya, tujuan penerjunan tim penyelam adalah untuk menyelidiki secara langsung bocornya pipa milik Pertamina yang mengakibatkan tumpahan minyak di perairan Balikpapan dan mencemarkan lingkungan.

Tim penyelam ini ditugaskan setelah sehari sebelumnya Siti Nurbaya mengirim tiga direktur jenderal (dirjen) ke lokasi kejadian di perairan Balikpapan. Ketiga dirjen yang telah ada di lapangan sejak sehari sebelumnya, yakni Direktur Jenderal Penegakan Hukum, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan serta Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem.

“Tim penyelam melakukan penyelaman di jangkar kapal MV Ever Judge 2 untuk melakukan analisis adanya jejak minyak pada jangkar jika jangkar kapal diduga menjadi penyebab putusnya pipa Pertamina di bawah laut itu,” kata Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya mendapat laporan langsung dari Balikpapan dan terus melakukan koordinasi.

Pada Jumat, tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bertemu Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kaltim di atas kapal Polda Kaltim di sekitar lokasi kejadian. Tujuannya, untuk ikut penyelaman di titik lokasi pipa bawah laut.

“Pak Dirjen Gakkum KLHK Dr Rasio Ridho Sani menyusul ke atas kapal. Kemudian diterangkan oleh salah satu instruktur selam bahwa jarak pandang mulai kedalaman lima meter adalah 0 m tanpa senter underwater dan 30 cm dengan senter underwater yang kami miliki pada cuaca terang,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here