Penyakit Bawaan Anak Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Akut Lebih Parah?

Jakarta, KabarBerita.id — Pasien gagal ginjal akut dapat mengalami perburukan utamanya pada anak yang memiliki penyakit bawaan. Orang tua diminta untuk waspada dan rutin memantau kesehatan Sang anak.

Dokter spesialis anak, Kurniawan Satria Denta menyebut salah satu kondisi yang harus diwaspadai adalah penyakit ginjal bawaan.

Ia mengatakan orang tua harus tetap waspada dan memantau kondisi kesehatan anak secara berkala serta mengikuti semua anjuran lembaga kesehatan terkait.

Hal sama juga diungkap oleh dokter spesialis anak di Rumah Sakit Hermina Jatinegara, Angga Wirahmadi. Menurut dia, bukan hanya penyakit ginjal, semua penyakit yang bisa memperburuk organ harus diwaspadai.

Namun begitu Angga tidak merinci jenis penyakit bawaan apa saja yang harus diwaspadai.

Hal yang pasti adalah penyebab pasti gangguan ginjal akut ini memang belum diketahui. Senyawa berbahaya seperti etilen glikol (EG) dan diatilen glikol (DEG) yang ditemukan dalam obat sirop anak diduga kuat berkontribusi dalam memunculkan penyakit misterius ini.

Ia mengatakan bahwa yang terpenting saat ini mengidentifikasi kasus secara dini dan pengobatan dini. Hal ini merupakan faktor yang meningkatkan derajat kesembuhan anak dengan gagal ginjal akut.

Sebagaimana diketahui ancaman gagal ginjal akut saat ini telah menghantui anak Indonesia. Hingga hari Senin (24/10) tercatat ada 245 anak Indonesia terserang kalau gel akut dan sebanyak 141 diantaranya dilaporkan meninggal dunia.

Tinggalkan Balasan