Pentingnya Menjaga Kadar Oksigen dalam Darah

  • Bagikan
Kadar oksigen dalam darah

Jakarta, KabarBerita.id — Darah memiliki tugas sebagai pengedar oksigen menuju seluruh tubuh.Saat kita kekurangan oksigen di dalam darah, maka kinerja tubuh kita akan merasa terganggu.

Rendahnya oksigen di dalam darah biasanya dapat mengakibatkan munculnya beberapa gejala seperti, detak jantung yang cepat,sakit kepala, batuk batuk, sesak nafas, ngos-ngosan,serta merasa kebingungan.

Kadar oksigen dalam darah secara medis disebut dengan saturasi oksigen.Kita bisa menggunakan alat bernama oxymeter untuk mengukurnya.

Umumnya pada orang sehat memiliki 95 sampai 100 persen saturasi oksigen.Sementara itu bagi orang-orang yang memiliki masalah paru-paru seperti asma maka saturasi oksigennya akan lebih rendah di kisaran 90 hingga 92 persen.Jika mangkanya ditemui di bawah itu maka kita disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan medis.

Namun demi mengatasi dan mencegah kurangnya oksigen di dalam darah kita bisa menerapkan beberapa cara seperti sering menghirup udara segar, stop konsumsi rokok,memelihara tanaman dalam ruangan,sering melakukan latihan pernapasan,hingga perbanyak konsumsi makanan yang mengandung nitrat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan