Berita  

Pensiun dari Timnas Inggris, Rooney Jadi Legenda The Three Lions

LIVERPOOL, Kabarberita.id – Sempat berharap bisa kembali memperkuat tim nasional Inggris, Wayne Rooney kini justru membuat keputusan mengejutkan. Rooney memilih pensiun dari timnas.

Rooney mulai terpinggirkan dari skuat Inggris usai jarang dimainkan Manchester United musim lalu. Kali terakhir Rooney tampil untuk Inggris adalah di laga kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Skotlandia pada November 2016.

Pindah ke Everton, Rooney berharap performanya bisa membawanya kembali ke timnas. Usai bikin gol di laga melawan Manchester City, Selasa (22/8) dini hari WIB lalu, penyerang berusia 31 tahun itu mengaku akan berbincang dengan manajer Inggris Gareth Southgate.

Tapi kini Rooney justru memutuskan untuk pensiun dari timnas. Rooney merasa sekarang waktu yang tepat untuk mundur.

“Luar biasa Gareth Southgate menghubungi saya pekan ini untuk mengatakan dia ingin memanggil saya ke skuat Inggris untuk pertandingan berikutnya. Saya benar-benar mengapresiasinya,” Rooney mengatakan dalam pernyataan yang dirilis di situs resmi pribadinya.

“Namun, setelah berpikir panjang dan keras, saya katakan kepada Gareth bahwa saya sekarang sudah memutuskan untuk pensiun dari sepakbola internasional demi kebaikan.”

“Ini adalah keputusan yang benar-benar berat dan sudah saya diskusikan dengan keluarga, manajer di Everton, dan mereka yang terdekat dengan saya.”

“Bermain untuk Inggris selalu spesial untuk saya. Setiap kali saya dipilih sebagai pemain atau kapten, itu adalah sesuatu yang spesial dan saya berterima kasih kepada semua yang membantu saya. Tapi saya percaya ini adalah saatnya untuk mundur.”

Rooney melakukan debutnya di timnas senior Inggris pada 2003. Sampai saat ini, Rooney tercatat sebagai top skorer sepanjang masa The Three Lions dengan 53 gol dari 119 kali penampilan.

Bersama timnas Inggris, Rooney mencatatkan sebanyak 53 gol dalam 119 pertandingan. Dia juga menjadi salah satu pemain dengan jumlah keikutsertaan di turnamen besar yang terbanyak, enam kali. Turnamen besar pertamanya adalah Euro 2004.

Peran Rooney di timnas Inggris mulai berkurang di Euro 2016. Dia pun mulai ditepikan pasca turnamen yang berlangsung di Prancis tahun lalu.

Oleh karena itu, Rooney mulai sadar diri meski dirinya tengah tampil menanjak. Rooney menunjukkan penampilan yang sangat bagus dalam dua pertandingan bersama Everton di Liga Inggris. Dia mencetak gol saat The Toffees menang 1-0 atas Stoke City, lalu membobol gawang Manchester City saat Everton menuai hasil seri 1-1.

Soal Rooney, pemain andalan di lini depan tim Tiga Singa saat ini, Harry Kane, melontarkan komentar. Lewat Twitter pribadinya, @HKane, dia mengungkapkannya.”Wayne Rooney –seorang pemain yang luar biasa dan pencetak gol untuk Inggris. Legenda three lions,” kata Kane.

Tinggalkan Balasan