Penghargaan Provinsi Terbaik Diraih Sumbar, Jabar, dan Bengkulu

Sumbar ditetapkan menjadi provinsi terbaik oleh Bappenas

Jakarta, KabarBerita.id — Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jawa Barat (Jabar), dan Bengkulu sebagai provinsi terbaik urutan pertama, kedua, dan ketiga di Indonesia ditetapkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Bappenas untuk periode 2021.

Dianggap mampu memberi dampak pengendalian harga dan akses pangan untuk masyarakat karena kebijakannya maka Sumbar ditetapkan menjadi provinsi terbaik.

“Toko Tani Indonesia Center sebagai pengendali harga dan akses pangan melalui distibusi pasokan air dan pangan basis sektor strategis,” terang Bappenas, Selasa (4/5).

Selain itu Sumbar memiliki susunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah yang berisi kebijakan penanganan Covid-19 sehingga memperoleh penghargaan tertinggi.

Penanganan Covid-19 di Sumbar sangat baik karena terinternalisasi sejalan terhadap prioritas pembangunan serta kebijakan bidang kesehatan, ekonomi, sosial dann kebencanaan. Pencapaian Sumbar juga dikatakan bagus karena dapat menurunkan angka ketimpangan.

Pendekatan yang dilakukan untuk mengatasi ketipangan daerah tertinggal yaitu dengan pendekatan ekonomi, lingkungan, pembangunan manusia dan insfrastruktur.

Posisi kedua adalah Jawa Barat. Penghargaan diperoleh Jabar karena kebijakan mengenai penanganan Covid-19.

“Covid-19 ditangani dengan baik karena respons melalui pusat informasi komunikasi sektor kesehatan dan pelayanan publik,” terang Bappenas.

Kebijakan RKPD mencerminkan hal itu, bahwa terdapat inisiasi prioritas daerah khusus dalam pemulihan Covid-19. Strategi dilakukan dengan menggunakan e-planning Sirampaksekar yang menerima saran atau usulan masyarakat.

Pencapaian lain Jabar adalah Indeks Pembangunan Manusia lebih baik dengan kebijakan akses pendidikan untuk semua dan kebijakan desentralisasi pelayanan kesehatan.

Bengkulu berada diposisi ketiga. Bengkulu memberikan kerangka logis isu strategis dan sasaran pembangunan strategis (investasi) dalam RKPD-nya.

“Inovasi pelayanan investasi, kolaborasi investasi, dan promosi dengan aksi padu,”terang Bappenas.

IPM dan rasio gini lebih baik dengan dukungan kebijakan ‘Bengkulu Cerdas, Bengkulu Sehat,dan Bengkulu Maju’ dari sisi pencapaian Bengkulu.

Terdapat juga penghargaan kabupaten terbaik. Urutan satu hingga tiga yaitu Kabupaten Bangka, Kabupaten Banggai, Kabupaten Hulu sungai Selatan. Untuk Kota terbaik satu hingga tiga yaitu, Kota Semarang, Kota Padang, Kota Bandung.

Pekanbaru mendapat penghargaan daerah dengan inovasi pembiayaan alternatif pada proyek SPAM. Provinsi Bali mendapatkan penghargaan daerah ekonomi hijau dan rendah karbon.

Tinggalkan Balasan