Berita  

Penggagas Liga Champions dan Eks Bos UEFA Meninggal Dunia

Jakarta, KabarBerita.id — Mantan presiden Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) Lennart Johansson meninggal dunia pada usia 89 tahun setelah menderita sakit, Rabu (5/6). Johannson merupakan pencetus Liga Champions.

“Sepak bola Swedia sedang berduka,” umum asosiasi sepak bola Swedia pada Rabu.

Johansson mengepalai UEFA dari 1990-2007. Ia merupakan sutradara di balik pembentukan Liga Champions yang terbukti telah memberikan identitas baru dan pemasukan yang sangat besar bagi klub-klub di Eropa.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin menyatakan, Johansson akan selalu dikenang sebagai arsitek Liga Champions.

“Sepak bola dunia akan selalu berterima kasih kepadanya karena apa yang telah ia capai untuk pertandingan yang cantik ini,” kata Ceferin dalam pernyataan tertulis dikutip Reuters.

Johansson bersaing dengan Sepp Blatter asal Swiss untuk mengepalai federasi sepak bola dunia FIFA lewat voting di 1998 namun kalah. Blatter, yang kemudian memimpin FIFA selama 17 tahun, sekarang menjalani enam tahun larangan berurusan dengan dunia sepak bola karena melanggar kode etik. Keduanya adalah rival. Johansson seperti dikutip oleh asosiasi sepak bola Swedia mengatakan,”Orang-orang menyukai pertarunganku dengan Blatter selama 20 tahun ini.”

Tinggalkan Balasan