Pengamat Vietnam: Era STY, Indonesia Sangat Sulit Dikalahkan

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Pengamat sepak bola asal Vietnam BLV Quang Huy menilai Timnas Indonesia era Shin Tae Yong menjadi sangat sulit dikalahkan tim ASEAN.

Dua kemenangan beruntun atas Curacao di FIFA Matchday baru-baru ini menjadi indikatornya. Setelah sukses meraih kemenangan 3-2 di laga pertama, tim Merah Putih juga berhasil menang 2-1 pada pertemuan kedua.

Quang Huy berpendapat, sederet pemain muda yang dipromosikan ke Timnas senior juga turut andil membuat permainan Indonesia jadi lebih bergairah.

“Pelatih Shin membantu sepak bola Indonesia dari tim muda ke tim senior untuk meningkatkan kualitas mereka dan itu menjadi faktor menentukan. Sangat sulit bagi tim ASEAN saat ini untuk menang lawan Indonesia,” kata Quang Huy dikutip Soha.

Kekuatan Curacao dianggap tak sebaik saat melawan Vietnam di Kings Cup 2019. Namun, dua kemenangan beruntun di FIFA Matchday menunjukkan STY telah membuat perubahan drastis.

Pada pertengahan 2021, lanjut Quang Huy, Indonesia tampil buruk di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, performa Garuda semakin menanjak setelah dipimpin STY.

Quang Huy menilai, kedisiplinan Shin Tae Yong, menjadi kunci untuk mendongkrak kualitas sepak bola Timnas Indonesia.

“Disiplin menjadi hal dasar yang membantu perkembangan sepak bola Indonesia di bawah asuhan Shin Tae Yong.”

“Orang Indonesia memang selalu memiliki kecintaan besar terhadap sepak bola dan juga dikelilingi pemain berbakat. Namun sebelumnya masalah kedisiplinan mereka rendah karena dipengaruhi masalah sosial lainnya,” tutur Quang Huy.

Dua kemenangan beruntun atas Curacao dinilai akan menjadi modal penting bagi Indonesia sebelum mentas di Piala AFF 2022. Bukan tak mungkin Vietnam akan kembali berhadapan dengan Indonesia di semifinal atau bahkan di final.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *