Pengamat Minta Hegemoni Amien Rais di PAN Dibatasi

0
7 views

Jakarta, KabarBerita.id — Politisi senior PAN Amien Rais tampak mulai melakukan manuver untuk menempatkan putranya Ahmad Hanafi Rais sebagai Wakil Ketua DPR menggantikan Taufik Kurniawan.

Demikian disampaikan pengamat politik Karyono Wibowo, kepada redaksi, Senin (5/11). “Hegemoni Amien Rais sebaiknya dibatasi demi kebaikan PAN sendiri. Kiprah dan manuver politik Amien sudah meresahkan masyarakat pemilih termasuk pendukung PAN,” ujar Karyono

Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) itu mengingatkan, jangan sampai Amien Rais menjadikan PAN sebagai partai keluarga dengan mendorong anaknya sebagai penerus posisi Taufik Kurniawan.

Menurut dia, jika Amien Rais melakukan hal tersebut, maka mencederai semangat demokrasi dan reformasi yang diklaim oleh PAN di awal reformasi 98.

“Yang menjadi pimpinan DPR harus sosok yang mumpuni, berkualitas dan berintegritas yang dipilih melalui mekanisme internal partai yang demokratis, bukan dengan cara-cara otoriter dan tekanan senioritas,” tegas dia.

Selain itu, Karyono juga menyesalkan langkah Amien Rais sebelumnya yang mendatangi KPK setelah Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan dicekal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here