Pemkot Magelang Beri Pelatihan Digital Marketing Kepada Pelaku IKM

  • Bagikan

Magelang, KabarBerita.id — Pemerintah kota Magelang melalui dinas perindustrian dan perdagangan telah memberikan pelatihan digital marketing tahun 2022 kepada para pelaku industri kecil dan menengah produk makanan dan kriya di kota Magelang.

Pelatihan yang diadakan di hotel Atria pada tanggal 6-10 Juni 2022 tersebut menghadirkan Narasumber walikota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, Wakil Ketua DPRD Kota Magelang Dian Mega Aryani dan pakar-pakar digital marketing dari BHMTC Yogyakarta.

Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Kota Magelang Hety Kusumawati menjelaskan, kegiatan Pelatihan Digital Marketing Ini di diselenggarakan guna memberikan informasi dan tambahan pengetahuan kepada IKM makanan tentang metode pemasaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan software terkait.

Hety menambahkan diharapkan kepada para IKM untuk bisa menggunakan kreativitas masing masing supaya bisa memaksimalkan kemampuan nya dalam memasarkan produk melalui jalur yang bukan konvensional sehingga bisa menjangkau wilayah pemasaran yang lebih luas.

Pada pelatihan ini ada sebanyak 40 pelaku IKM aneka produk makanan dan kriya diberikan pendampingan oleh tenaga ahli selama lima bulan supaya bisa menghasilkan ilmunya untuk meningkatkan promosi produk produknya.

Plt Kepala Disperindag Kota Magelang Syaifullah menambahkan, para pengusaha atau pelaku IKM perlu kejelian dan pengetahuan lebih dalam menangkap peluang, sehingga dapat mengikuti perkembangan kemajuan di segala sektor usaha.

Termasuk di dalamnya penguasaan teknologi digital yang dapat dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan, mencari terobosan baru, maupun dalam hal pemasaran dan memperluas jaringan komunikasi.

Sejalan dengan instruksi presiden, di kota Magelang sendiri telah di instruksikan kepada seluruh OPD bahwa semua kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah kota harus menggunakan produk makanan hasil IKM binaan pemerintah kota.

Adapun sasaran pelatihan ini supaya IKM memiliki kemampuan untuk mempromosikan produknya serta menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh pasar ekspor dan onboarding pada pasar digital nasional dan internasional.

Sementara itu, Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menuturkan, pelaku IKM di Kota Magelang harus memanfaatkan digital marketing untuk memperluas pasar. Metode online memudahkan penjualan, tidak hanya lokal tapi juga nasional dan internasional.

Maka dari itu ia berharap para peserta pelatihan digital marketing betul betul belajar dari para Narasumber dan mempraktekkannya.

Kunci sukses yang dibagikan dokter Aziz yaitu kesungguhan dalam berusaha, berbakti pada orang tua, meluaskan jaringan atau networking serta senang bersedekah.

Sebagai informasi, kegiatan ini menggunakan sumber dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik Kementerian Perindustrian RI.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan