Pemkot Kendari Inovasi Sistem Pelayanan Digital

  • Bagikan
Walikota Kendari Sulkarnain Kadir

Kendari, KabarBerita.id — Pemerintak Kota (Pemkot) Kendari melakukan beberapa inovasi baru untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Salah satu terobosan itu adalah hadirnya sistem pelayanan digital berbasis elektronik (Aplikasi) untuk menggantikan sistem manual yang selama ini berjalan.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan saat ini Pemkot Kendari memiliki Layanan Aplikasi Kendari (LAIKA) yaitu salah satu aplikasi layanan elektronik untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat yang dapat diaplikasikan mulai dari kelurahan dan kecamatan.

“Kedepannya proses pelayanan kepada masyarakat akan mudah dan cepat dengan aplikasi Laika dikarenakan aplikasi ini terkomputerisasi, cara akses mudah, administrasi juga enjadi lebih baik,” kata Sulkarnain.

Sulkarnain juga meminta untuk lurah dan camat untuk beradaptasi dengan menguasai teknologi tersebut. “Saya berharap Lurah, Camat serta ASN Pemkot Kendari minimal bisa menguasai pengoperasian android dan mahir komputer aga bisa memanfaatkan sistem yang kita kembangkan,” tambahnya.

Aplikasi lain yang dihadrkan Pemkot Kendari diantaranya Layanan Pajak Menyapa (Jakpa), Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) elektronik, dan Aplikasi Jaga Kendari (Jari).”Semua nanti akan dijadikan satu portal. Saya sudah instruksi kepada Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informasi) agar segera membuat programya,” tambahnya.

“Masyarakat diharapkan dapat merasakan manfaatnya dengan pelayanan cepat, tepat dan tanpa pungli. Aplikasi ini juga diharapkan membuat keefektifan sistem birokrasi lebih transparan dan akuntable, “tutupnya.

Camat Baruga, Asman Saaby mengatakan aplikasi ini (Laika) membantu masyarakat dalam pelayanan dan membantu pihaknya memberikan pelayanan pengurusan administrasi ke masyarakat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan