Pemkot Bukittinggi Siap Menerima UHC Award 2024

Bukittinggi, KabarBerita.id — Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, dijadwalkan memberikan UHC Award Tahun 2024 kepada pemerintah daerah yang berhasil mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) di wilayah mereka. Kota Bukittinggi termasuk dalam daftar penerima penghargaan tersebut berkat keberhasilannya dalam mencapai cakupan 95 persen masyarakat dalam Program JKN.

 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi, menyatakan pada Kamis (8/8) bahwa pencapaian ini merupakan hasil dukungan berbagai pihak, termasuk stakeholder Program JKN dan masyarakat Bukittinggi.

 

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari kolaborasi yang erat antara BPJS Kesehatan dan Pemerintah Kota Bukittinggi untuk menyediakan jaminan kesehatan bagi warganya,” ujar Haris.

 

Menurut data Agustus 2024, kepesertaan JKN di Bukittinggi telah mencapai 99,15 persen. Angka ini menunjukkan komitmen kuat dari Pemkot Bukittinggi dan BPJS Kesehatan dalam mewujudkan UHC di daerah tersebut.

 

Haris juga menambahkan bahwa semangat dan sosialisasi yang dilakukan kepada seluruh lapisan masyarakat memainkan peran penting dalam mencapai tujuan UHC. “Kami berharap penghargaan ini dapat mendorong Kota Bukittinggi untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan dan memastikan semua peserta JKN mendapatkan akses yang memadai.”

 

Erna (48), salah seorang peserta JKN dari Bukittinggi, mengungkapkan rasa syukurnya atas dukungan pemerintah daerah. “Kami bersyukur karena iuran JKN kami ditanggung oleh pemerintah daerah, yang sangat membantu kami dalam situasi tak terduga,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan