Pemkab Sidoarjo Minta Sekolah Pinjamkan Komputer ke Siswa

  • Bagikan

Sidoarjo, KabarBerita.id — Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, meminta sekolah di kabupaten setempat meminjamkan tab atau komputer yang tidak terpakai di sekolah kepada siswa. Penjabat Bupati Sidoarjo Hudiyono mengatakan tab atau komputer yang tidak terpakai di sekolah bisa dipinjamkan ke siswa.

“Syaratnya harus dijaga, dirawat, dan tanggung jawab jika terjadi kerusakan karena ini aset milik negara,” katanya usai sidak bersama Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Asrofi di SDN Pucang 2 dan SMPN 2 Sidoarjo, Jumat (22/1).

Ia mengatakan harus ada perubahan sistemik dalam proses belajar-mengajar di masa pandemi Covid-19. “Kami menemukan ada standar kurikulum belajar tatap muka mata pelajaran bahasa yang banyak terpangkas dari enam jam sesuai kurikulum dalam satu pekan terpangkas jadi 1,5 jam pertemuan dalam jaringan dalam sepekan,” ujarnya.
Baca Juga

Pasien Covid-19 Disarankan Olah Napas Jaga Paru-Paru Bugar India Jadikan Kashmir Sebagai Tempat Islamofobia Terbesar Siapakah Satu-satunya Wanita yang Disebut dalam Alquran?

Kemudian, dari kuantitas yang ikut dalam jaringan ditemukan banyak siswa yang tidak ikut, yakni dari jumlah 40 siswa yang ikut belajar dalam jaringan hanya 20 siswa. Hanya 50 persen yang ikut pembelajaran dalam jaringan.

“Kualitas komunikasi antara guru dengan siswa jadi evaluasi, karena dalam satu pekan hanya 1,5 jam belajarnya,” katanya.

Menurutnya, temuan lain yang dihadapi para siswa adalah kualitas jaringan internet. Jika jaringan internet di sekolah yang dipakai guru mengajar dalam jaringan internet lancar, ini berbeda dengan yang dialami siswa.

“Kalau saya melihat persiapan di sekolah SMPN 2 Sidoarjo sudah cukup baik, karena memang salah satu sekolah favorit. Sekolah ini punya fasilitas tablet atau tab yang bisa dipinjam oleh siswa yang terkendala tidak punya telepon genggam dan juga tidak punya akses internet. Karena tablet atau tabnya sudah dilengkapi paketan internet,” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan