Pemkab Pasbar Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443, Bupati Hamsuardi Ajak Umat Teladani Rasullullah SAW

PasamanBarat, KabarBerita.id — Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H digelar Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat di Masjid Agung Baitul Ilmi Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aur, Kecamatan Pasaman, Kamis (21/10/21).

Peringatan ini dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ASN di lingkungan Pemkab Pasbar dan tokoh agama.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dalam sambutannya menjelaskan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan satu tahun sekali merupakan peringatan yang luar biasa. Hal tersebut karena rasa cinta umat muslim kepada Nabi Muhammaf SAW.

“Umumnya orang memperingati atau merayakan hari lahir saat masih hidup, namun Maulid Nabi Muhammad SAW di peringati saat Rasulullah sudah wafat, hal ini sangat luar biasa” jelas Hamsuardi.

Hakikat peringatan Maulid Nabi menurut Hamsuardi adalah bagaimana umat muslim meneladani dan mengamalkan segala yang diajarkan, baik pikiran, ucapan dan tindakan Rasulallah.

Hamsuardi mengajak untuk umat muslim meneladani buah pikiran yang cerdas dan jernih, ucapan santun dan lembut, serta tindakan yang arif dan bijaksana seperti Nabi.

Perilaku dari Nabi Muhammad SAW adalah gambaran perilaku yanh diwarnai akhlakul Hassanah, Akhlak karimah, dan Akhlak adzimah yang dapat menyebarlan rahmatan lil alamin dam rahmat bagi semesta alam.

Jika ingin mencari suri tauladan untuk kehidupan dan pribadi uswatun hasanah maka harus meneladani Rasuliullah. Beliau ibarat cahaya yang tak pernah padam dan air yabg tidak pernah habis diminum.

Hamsuardi mengatakan agar menjadi insan terpuji, kreatif dan inovatif dalam membangun tatanan kehidupan yang harmonis sesuai perintah Allah SWT maka harus menjadikan akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai inspirasi.

Sementara itu Ustadz Amri selaku pemberi tausyiah dalam acara tersebut memgajak untuk meningkatkan ibadah. Ibadah dijelaskannya tidak hanya seputar agama namun juga terdiri dari beberapa segi, bisa lewat aktivitas sehari-hari, seperti ASN menjalankan tugasnya juga bernilai ibadah.

Ustadz Amri juga menjelaskan kewajiban bagi umat islam kepada Nabi Muhammad SAW adalah menaati nabi dan Rasul, mencintainya, meyakini, dan menerima ketentuannya dengan senang hati, serta berperilaku sopan.

Tinggalkan Balasan