Pemkab Beltim Pelajari Strategi Optimalkan Potensi Pelabuhan Pemprov Kepri

Jakarta, KabarBerita.id — Pemkab Belitung Timur (Beltim) melakukan studi tiru ke Pemprov Kepulauan Riau (Kepri) dalam rangka mempelajari strategi Pemprov Kepri dalam mengoptimalkan potensi pelabuhan yang ada.

Apalagi Pemprov Kepri saat ini sudah memiliki 408 pelabuhan.
Kunjungan kerja ke Pemprov Kepri ini terkait rencana pembangunan pelabuhan dan pendalaman alur kapal di Kabupaten Belitung Timur.

Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim), Khairil Anwar memimpin rombongan ke Kantor Gubernur Kepulauan Riau.

Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar memimpin rombongan ke Kantor Gubernur Kepulauan Riau dalam rangka studi tiru terkait rencana pembangunan pelabuhan dan pendalaman alur kapal, Kamis (2/3/2023).

Pertemuan dengan Pemprov Kepri ini berlangsung di Ruang Rapat Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Kamis (2/3/2023).

Dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Perhubungan Beltim, Amirudin mengatakan ingin melihat pola terkait pembangunan pelabuhan yang telah dilakukan Kabupaten Bintan dan Batam.

Sekaligus berkoordinasi dan mencari informasi bersama investor yang ada di Kota Batam.
“Yang akan kita lakukan di Belitung Timur dengan melihat pola yang pernah dilakukan di Kabupaten Bintan maupun Kota Batam, sekaligus kita berkoordinasi mencari informasi dari teman-teman investor yang akan berminat untuk berinvestasi terkait dengan kepelabuhan Belitung Timur,” ujar Amirudin dalam rilis Prokom Beltim, Sabtu (4/3/2023).

“Point penting yang menjadi catatan adalah bagaimana pelabuhan segera diupayakan dan terwujud, serta kendala-kendala di lapangan terkait dengan sedimentasi perairan Beltim yang cukup tinggi, maka perlu diupayakan pengerukan dan ini kita juga sudah sandingkan ke Kementerian Perhubungan,” tambahnya.

Wakil Bupati, Khairil Anwar menambahkan Pemkab Beltim perlu keseriusan dalam menciptakan pelabuhan Belitung Timur serta lebih detail dalam memetakan potensi di setiap wilayah agar tidak sia-sia.

“Jadi setelah hasil paparan ini perlu keseriusan pemerintahan daerah dalam kita menciptakan pelabuhan sendiri yang ada di Belitung Timur,” ungkap Khairil.

“Kedua kita harus lebih detail lagi memetakan potensi di setiap wilayah sehingga pembangunan wilayah tersebut tidak sia-sia, sehingga menjadi dorongan percepatan pembangunan pelabuhan,” tambahnya

Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar memimpin rombongan ke Kantor Gubernur Kepulauan Riau dalam rangka studi tiru terkait rencana pembangunan pelabuhan dan pendalaman alur kapal, Kamis (2/3/2023).

Khairil berharap masing-masing OPD Belitung Timur yang terkait agar dapat segera mengimplementasikan hasil yang di dapat dalam studi tiru di Kepulauan Riau ini.

“Jadi harapan saya nanti masing-masing OPD segera mengimplementasikan apa yang sudah kita dapat, ilmu dari Provinsi Kepri sehingga kita tidak hanya sebatas jalan-jalan tapi studi tiru ini betul-betul akan kita implementasikan,” harapnya.

Kegiatan dilanjutkan peninjauan langsung ke beberapa pelabuhan yang ada di Kepulauan Riau.

Tinggalkan Balasan