Pemerintah Putuskan Hanya Empat Tempat Wisata Jadi Prioritas

  • Bagikan
Menteri PU dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono
Menteri PU dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Kabarberita.id, Pemerintah memutuskan untuk memfokuskan empat destinasi pariwisata atau dikenal Bali Baru dari sebelumnya 10 tempat wisata prioritas untuk segera dikembangkan.

 

“Jadi sekarang difokuskan lagi, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, semua ini harus disusun Master poinnya,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono seusai Rapat Terbatas Pengembangan 10 Bali Baru di Istana Bogor, Kamis (16/11/2017)

Menurut Basuki, tugas Kementerian PUPR dalam pengembangan empat destinasi pariwisata tersebut pastinya terkait infrastruktur di lokasi maupun menuju ke tempat wisata tersebut.

Basuki mencontohkan, Kementerian PUPR nantinya akan membangun tempat-tempat parkir untuk cafe, restoran, penginapan, ataupun lokasi penjualan cenderamata dari masing-masing tempat wisata sesuai dengan aturan tata ruang.

“‎Kemudian kita coba untuk masalah-masalah lahan administrasi dan segala macam, kalau diam terus seperti ini nantinya akan terlambat,” ucapnya.

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan melakukan pemetaan disetiap tempat wisata yang akan dikejar, misalnya Mandalika dapat dibuat seperti Nusa Dua di Bali dengan menggunakan cluster di dalam kawasannya.

“Kemudian di luarnya ada masyarakat untuk parkir, cinderamata dan lain-lainnya,” ucap Basuki.

 

sumber : Tribun.news

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan