Berita  

Pelatih Persipura Minta Kepastian Kelanjutan Liga 1

JAYAPURA, KabarBerita.id — Arsitek Persipura Jayapura Jacksen F Tiago menyarankan PSSI mengajak perwakilan klub, pemain, dan pelatih untuk berdiskusi mengenai kelanjutan kompetisi musim 2020 bila pemerintah menyatakan krisis pandemi virus Corona berakhir.

Jacksen mengakui dirinya pesimistis kompetisi musim 2020 akan dilanjutkan, mengingat hingga sekarang belum ada vaksin yang bisa membunuh virus COVID-19. Sekalipun Liga 1 dilanjutkan kembali, pemain akan bermain dengan perasaan was-was.

“Saya rasa tidak satu pun orang yang mau hal itu (kompetisi dihentikan) terjadi, karena kita semua berharap setelah masa yang sulit ini ada hiburan. Tapi di satu sisi kita juga harus menempatkan diri di posisi pemerintah,” ujar Jacksen melalui channel YouTube resmi Persipura.

“Kalau kondisinya masih berbahaya, apakah kita mau berkompetisi tanpa penonton dengan keadaan was-was? Karena sepakbola tidak lepas dari faktor psikologi. Kemungkinan kompetisi dihentikan pasti terjadi, tinggal menunggu waktu, karena sampai sekarang belum ada kabar tentang vaksin yang bisa membunuh virus Corona.”

Kendati demikian, Jacksen tetap berharap masa krisis ini berakhir, sehingga kehidupan sehari-hari bisa berjalan normal. Namun mengingat waktu yang akan mepet, Jacksen menyarankan PSSI merangkul stakeholder sepakbola untuk membahas format pengganti liga.

“Yang memungkinkan adalah mereka (PSSI) mencari akal untuk mengadakan event, mungkin bukan liga, tapi bisa Piala Indonesia. PSSI harus membuat rencana yang baik, duduk bersama semua pihak yang terlibat dalam sepakbola, bisa dari perwakilan klub, pemain, dan pelatih berdiskusi untuk mendapatkan masukan,” tutur Jacksen.

“Saya yakin nanti ada seorang pemain, pelatih atau manajer yang punya pandangan berbeda dengan PSSI yang bisa menjadi pertimbangan untuk masa depan kita semua. Kalau saya pribadi, akhir Juli atau awal Agustus adalah masa yang mungkin masuk akal untuk bisa bermain kembali.” 

Tinggalkan Balasan