Pekanbaru Raih Penghargaan Realisasi Belanja Daerah Tertinggi

Pekanbaru, KabarBerita.id — Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, Provinsi Riau dalam ajang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Award 2023 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), menerima penghargaan  sebagai peringkat pertama tingkat kota dengan realisasi belanja daerah tertinggi pada APBD 2022.

“Alhamdulillah, semoga tahun ini semakin bisa ditingkatkan. Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh Organisasi Perangkat Daerah Pemkot Pekanbaru dengan turut serta didukung masyarakat kita,” katanya Pejabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam keterangan tertulis diterima di Pekanbaru, Kamis.

Selain itu, Kota Pekanbaru juga meraih peringkat ketiga peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tertinggi tahun anggaran 2022.

Penghargaan  diserahkan Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah Kemendagri, A Fatoni kepada Pejabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, Kamis.

Disebutkan, secara keseluruhan anggaran belanja daerah Kota Pekanbaru tahun 2022  sebesar Rp2,52 triliun, sedangkan realisasi belanja daerah tahun 2022 adalah Rp2,49 triliun lebih atau 98,91 persen.

Dijelaskan Muflihun, capaian ini sekaligus menunjukkan bahwa penyerapan APBD di Kota Pekanbaru sepanjang 2022 dikelola dengan sangat baik dan percepatan realisasi anggaran ini untuk mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara dari sisi pendapatan(PAD) yang ditargetkan sebesar Rp840,10 miliar rupiah lebih dan realisasinya  Rp799,20 miliar lebih atau 95,11 persen.

Secara umum pendapatan daerah Kota Pekanbaru tahun 2022 ditargetkan sebesar Rp2,49 triliun rupiah lebih. Sedangkan realisasi sebesar Rp2,32 triliun rupiah lebih atau 99,50 persen.

Sementara pendapatan transfer pusat dan provinsi yang ditargetkan sebesar Rp1,65 triliun lebih. Dari jumlah  dapat direalisasikan sebesar Rp1,680 triliun lebih atau 101,7 persen.

“Realisasi pendapatan APBD yang tinggi menjadi gambaran bahwa uang negara telah dikelola secara baik dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan