Berita  

Paus Sebut Kebijakan Imigran Trump Tidak Bermoral

Vatikan, KabarBerita.id — Paus Fansiskus mengkritik kebijakan pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memisahkan para anggota keluarga pendatang di daerah perbatasan Meksiko.

Paus mengaku mendukung pernyataan terbaru dari keuskupan Katolik Amerika Serikat yang menyebut pemisahan anak dari orang tuanya sebagai tindakan “yang bertentangan dengan nilai-nilai Katolik” dan “tidak bermoral.” “(Persoalan imigran) memang tidak mudah, tapi populisme bukan merupakan solusi,” kata Fransiskus pada Minggu malam lalu kepada Reuters.

Salah satu poin utama dalam wawancara itu adalah kritik Paus terhadap kebijakan non-toleransi dari Trump terkait imigrasi.

Dalam kebijakan itu, otoritas Amerika Serikat akan memburu semua pendatang ilegal, kemudian memenjarakan orang dewasa sementara anak mereka dikirim ke tempat penampungan milik pemerintah.

Kebijakan keras Trump menjadi persoalan hangat di Amerika Serikat dan dikecam dari luar negeri saat sejumlah video anak-anak muda ditahan di ruangan berlantai beton dan sebuah rekaman suara tangisan anak kecil.

Keuskupan Katolik mengecam kebijakan Trump dan Paus mendukungnya.

“Saya berada di pihak keuskupan,” kata Paus.

Sementara itu Trump sendiri masih bersikeras atas kebijakannya, bahkan justru menyalahkan partai Demokrat atas pemisahan keluarga yang terjadi.

Tinggalkan Balasan