Pahlawan Italia, Guanluigi Donnarumma Sabet Pemain Terbaik EURO 2020

Jakarta, KabarBerita.id — Gianluigi Donnarumma resmi terpilih sebagai pemain terbaik Euro 2020 (Euro 2021) karena aksi heroiknya dalam menjaga gawang Italia dalam laga final saat mengalahkan Inggris pada laga final di Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari WIB.

Kiper Paris Saint-Germain itu menepis dua tendangan penalti Inggris dalam babak adu penalti yang berakhir dengan skor 3-2.

Donnarumma tidak mampu berbuat lebih banyak kala bergadapan dengan penendang pertama dan kedua Inggris. Harry Kane dan Harry Maguire mampu mengecoh Donanruma.

Namun, Donnarumma menjelma menjadi tembok besar kala tendangan ketiga Inggris yang dieksekusi Marcus Rashford yang sudah mengecoh dirinya justru membentur tiang gawang. Dimulai dari hal itu, kiper berusia 22 itu mampu membaca dengan baik dua tendangan penalti Inggris. Donnaruma mampu menepis tendangan Jadon Sancho. Kemudian dalam tendangan penentuan atau terakhir kelima, Donnarumma mampu membaca dengan baik dan menepis tendangan Bukayo Saka yang mengarah ke sisi kanan gawang.

Keberhasilannya ini mengantarkan Italia menjadi juara Euro 2020. Kegemilangan Donnarmma di menjadi palang ointu terakhir membuat Italia menang 3-2 atas Inggris.

Tiga penendang penalti Italia yakni Domenico Berardi, Leonardo Bonucci, dan Federico Bernardeschi dapat menjalankan tugas dengan baik. Sedangkan, tendangan Andrea Belotti dan Jorginho gagal menembus gawang Pickford.

Kegagalan penendang Italia ditutup oleh aksi ciamik Donnarumma dalam drama dari titik 12 pas. Performa apik Donnarumma sebetulnya sudah muncul ketika partai semifinal melawan Spanyol yang juga diakhiri lewat adu penalti. Ketika itu, Donnarumma berhasil menjadi oene tu kemenangan Italia usai mampu membendung tendangan Alvaro Morata untuk membawa Italia ke final Euro 2020.

Tinggalkan Balasan