Berita  

OTT Romi Menyulitkan Caleg PPP, Berimbas Elektabilitas Partai

Jakarta, KabarBerita.id — Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Anggota DPR dari Fraksi PPP, M. Romahurmuziy bisa berimbas buruk bagi elektabilitas partainya pada Pemilu 2019.

Direktur Eksekutif Network for Democracy and Electoral Integrity (Netgrit), Sigit Pamungkas yakin tertangkapnya Romi akan menyulitkan teman-temannya di partai. Khususnya bagi mereka yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

“Tentu bagi PPP akan menyulitkan partai tersebut berkomunikasi ke publik jika benar Romi kena OTT KPK,” kata dia di sela-sela dikusi di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/3).

Meski demikian, masih ada secercah harapan bagi partai berlambang Kabah itu. Yakni para pentolannya harus berani mendeklarasikan bahwa akan menyerahkan sepenuhnya proses hukum Romi ke KPK.

“Artinya kalau memang terbukti bersalah ya tidak perlu dilindungi. Tapi dengan deklarasi itu kan menjadikan secara institusi PPP akan menjadi lebih tidak terbebani,” jelasnya.

Bukan hanya itu, lanjut Sigit, semua pengurus dan calon anggota legislatif dari PPP pun harus mampu meyakinkan konstituen bahwa kasus dugaan korupsi yang tengah dihadapi Romi tidak ada sangkut pautnya dengan partai.

“Itu harus dijawab. Jangan kemudian mereka saling serang di internal partai,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan