Berita  

Operasi Ketupat Hari Kedelapan, 21 Ribu Kendaraan Putar Balik ke Jakarta

Semarang, KabarBerita.id – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, selama delapan hari pelaksanaan Operasi Ketupat 2020, jumlah kendaraan pemudik yang diputar balik kembali ke Jakarta mencapai 21 ribu kendaraan.

Jumlah tersebut merupakan data kumulatif di tujuh Polda dari Lampung hingga Jatim.

“Sampai hari ke 8 yang kami putar balikkan dari Lampung hingga Jawa Timur (mencapai) lebih kurang 21 ribu (kendaraan),” kata Irjen Istiono saat mengecek titik penyekatan di gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu.

Dia berharap semakin mendekati Lebaran, masyarakat yang nekat mudik semakin berkurang setiap harinya.

Pihaknya mengakui sampai hari ini masih ada masyarakat yang melakukan mudik namun jumlahnya semakin hari semakin turun.

Kondisi jumlah pemudik yang menurun itu salah satunya terjadi di pos penyekatan Gerbang Tol Banyumanik.

“Misalnya kendaraan bus hanya ada empat (unit) hari ini. Kemudian kendaraan pribadi (yang lewat gerbang Tol Banyumanik) tinggal 15 (unit),” urainya.

Korlantas mencatat kecenderungan jumlah pemudik saat ini mengalami penurunan hingga 50 persen bila dibandingkan dengan hari pertama Operasi Ketupat.

“Penurunan dari kemarin sampai 50 persen. Harapan kami semakin mendekati Lebaran ini, kesadaran masyarakat juga semakin bagus untuk tidak melakukan mudik,” kata Istiono.

Operasi Ketupat 2020 adalah operasi kemanusiaan, dengan demikian petugas mengedepankan tindakan persuasif dan humanis dalam menghalau masyarakat yang masih nekat mudik.

Sanksi maksimal yang dikenakan terhadap pemudik adalah putar balik kembali ke rumah masing-masing.

Dari arah Jakarta hingga ke Tol Pejagan yang menjadi perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, petugas menyeleksi dengan ketat kendaraan-kendaraan yang melewati tol.

“Kendaraan logistik (boleh) lanjut. Untuk kendaraan pribadi, kami putar alihkan. Kami periksa, kalau kedapatan dia mudik, tentu (harus) putar arah,” kata mantan Kapolda Babel ini.

Begitu pun juga dengan penyekatan di Kecipir, Losari, Brebes yang menjadi jalan arteri perbatasan Jabar-Jateng.

“Di arteri juga demikian. Kendaraan-kendaraan dengan pelat nomor Jakarta, sepeda motor dan kendaraan pribadi banyak (yang) diputarbalikkan di sana,” tutur jenderal bintang dua ini.

Pada Jumat (1/5), Kakorlantas Polri Irjen Istiono dan rombongan mengecek pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 setelah operasi digelar selama sepekan.

Jalur yang dipantau mulai dari Jakarta melalui Tol Trans Jawa hingga Pejagan, Brebes, Jawa Tengah.

Di Brebes, Kakorlantas mengecek pos penyekatan di gerbang keluar Tol Pejagan dan cek poin Kecipir, Losari.

Pengecekan dilanjutkan dengan menuju ke Kota Semarang melalui Tol Trans Jawa.

Pada Sabtu, pengecekan berikutnya yakni pos penyekatan di gerbang masuk Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah dan gerbang keluar Tol Ngawi, Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan