Nadiem Makarim Ubah Pola Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Mendikbudristek Nadiem Makarim telah mengubah pola seleksi mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN). Kini ada tiga jalur tanpa tes mata pelajaran seperti sebelumnya.
Tidak ada pula pembedaan jurusan IPA dan IPS dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Seleksi masuk perguruan tinggi negara terdiri dari jalur prestasi, tes skolastik dan seleksi mandiri oleh kampus masing-masing. Masing-masing jalur memiliki perbedaan.

Di jalur ini seleksi akan fokus pada pencapaian siswa di seluruh mata pelajaran yang tertuang dalam buku rapor di SMA. Jalur ini menggantikan Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN).

Rapor akan menjadi tujuan utama sehingga para siswa didorong untuk mendapatkan nilai yang baik di seluruh mata pelajaran serta aspek minat dan bakat.

Pemeringkatan tersebut didasari 50% rata rata dari nilai rapor seluruh mata pelajaran dan 50% komponen minat dan bakat.

Nadiem mengatakan nantinya peserta didik diharapkan supaya menyadari bahwa semua mata pelajaran merupakan penting agar mereka membangun prestasi nya sesuai minat dan bakat.

Seleksi juga tidak lagi ada pembedaan jurusan IPA dan IPS. Menurut Nadiem pemisahan itu bertujuan agar seluruh pelajar memiliki kesempatan yang sama.

Seleksi Mandiri PTN
Seleksi mandiri digelar oleh masing-masing perguruan tinggi negeri. Pemerintah mengatur agar seleksi mandiri dilakukan secara lebih transparan.

PTN harus melakukan beberapa hal sebelum dan setelah seleksi mandiri.

Sebelum seleksi mandiri digelar PTN wajib mengumumkan jumlah calon mahasiswa di tiap fakultas dan program studi.

Kemudian PTN juga harus mengumumkan metode penilaian yang terdiri dari tes mandiri, tes kerja sama lewat konsorsium perguruan tinggi.

PTN pun harus mengumumkan besaran biaya yang dibebankan bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi jalur mandiri.

Ada pula masa sanggah usai pengumuman calon mahasiswa yang lolos seleksi sebanyak lima hari.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *