Berita  

MUI Segera Peroleh ISO 9001:2015

Jakarta, KabarBerita.id — Majelis Ulama Indonesia segera mendapatkan pengakuan Organisasi Standar Internasional (ISO) 9001:2015 pada akhir tahun apabila mampu menyiapkan segala kelengkapan yang diperlukan.

“Hari ini kita akan menyaksikan peluncuran sistem manajemen berbasis ISO 9001:2015. Baznas terkait dengan peluncuran ini karena memang ikut mensponsori penerapan sistem ISO di MUI,” kata Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo di Gedung MUI Pusat, Jakarta, Selasa (10/10).

Menurut dia, sertifikat ISO 9001:2015 akan mendorong MUI menjadi organisasi yang lebih modern terutama secara kelembagaan dan administrasi. Ia berharap ormas-ormas lain turut berupaya mendapatkan sertifikat tersebut demi meningkatnya kepercayaan publik.

Bambang berharap MUI sebagai payung banyak ormas Islam menjadi teladan sehingga ormas lain dapat mengupayakan mendapatkan ISO, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah serta puluhan organisasi lainnya.

“Saya kira apa yang kita lakukan ini langkah yang baik. Mudah-mudahan dengan cara seperti ini terjadi modernisasi manajemen organisasi Islam di Indonesia,” kata dia.

Ketua Tim ISO MUI Rofiqul Umam Ahmad mengatakan MUI memiliki agenda untuk memperbaiki internalnya agar bisa memperoleh sertifikat dari organisasi internasional yang membidangi standardisasi tersebut.

“Jika sudah bersertifikat ISO, semua langkah yang dilakukan MUI akan ada dokumennya, misalnya soal surat keluar atau masuk, penyelenggaraan kegiatan, kegiatan rapat itu ada SOP-nya,” kata dia.

Dia mengatakan langkah mendapatkan sertifikat ISO itu juga untuk mendorong MUI lebih modern dan agar bisa mendapat kepercayaan lebih dari mitra kerja sama.

Tinggalkan Balasan