MUI Sebut Daftar Nama Penceramah Kemenag Bisa Bertambah

Jakarta, KabarBeritaid — Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid Saadi mengatakan jumlah penceramah dalam daftar rekomendasi mubaligh Kementerian Agama bisa bertambah.

“Nama-nama tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Menag (Lukman Hakim Saifuddin) belum final. Jadi masih bisa berkembang dan bertambah,” kata Zainut dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Sebelumnya, sempat ramai polemik mengenai daftar mubaligh yang diumumkan Kemenag. Kontroversi terjadi karena ada sejumlah penceramah yang belum kunjung masuk daftar itu.

Atas hal itu, Zainut mengatakan MUI bisa memahami rekomendasi dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terkait nama-nama mubaligh yang dinilai memenuhi tiga indikator yaitu.

Tiga indikator itu pertama, dai harus memiliki kompetensi tinggi terhadap ajaran agama Islam. Kedua, penceramah harus mempunyai pengalaman yang cukup dalam berceramah. Menjadi penceramah tidak hanya penguasaan konten tapi keterampilan dalam menyampaikan isi pesan ke masyarakat.

Ketiga, mubaligh harus terbukti memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi.

Menurut Menag, nama-nama tersebut diserap dari berbagai sumber.

“Namun demikian MUI yakin bahwa masih banyak nama ulama, kyai atau mubaligh yang belum tercatat dan itu tidak berarti mubaligh tersebut tidak memenuhi tiga kategori di atas,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here