MUI Ingatkan Pemerintah Terkait Israel Tampil di Piala Dunia U-20

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Hubungan Luar Negeri Sudarnoto Abdul Hakim mewanti-wanti agar pemerintah memberikan keputusan cermat dan melibatkan semua elemen masyarakat menyikapi tim nasional Israel yang bakal tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang digelar di Indonesia.

“Pemerintah tetap harus memberikan keputusan secara cermat, hati-hati, dengan melibatkan berbagai elemen, jangan hanya oleh Kemenpora,” kata Sudarnoto, Senin (27/6).

Sudarnoto memaklumi bila ajang olahraga seperti Piala Dunia tak ada kaitannya dengan isu hubungan politik Palestina-Israel atau isu kemanusiaan di Palestina.

Meski begitu Ia menilai Israel lolos Piala Dunia di Indonesia bakal jadi isu yang spesial dan sensitif di tengah masyarakat. Sehingga, isu ini diharapkan menjadi perhatian semua pihak di Indonesia.

Melihat itu, Sudarnoto menilai Kementerian Luar Negeri menjadi salah satu lembaga negara yang perlu ikut memberikan pertimbangan. Baginya, pandangan dari elemen masyarakat seperti MUI juga perlu didengar untuk kebaikan bersama.

Hal demikian, lanjut dia, perlu dilakukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadi masalah yang tak diharapkan.

“Karena itu, keputusan boleh tidaknya kesebelasan Israel dalam piala Dunia U-20 ini harus dilakukan dengan ‘sangat bijak’,” kata Sudarnoto.

Israel memastikan diri lolos ke Piala Dunia U-20 2023 setelah berhasil melaju ke babak semifinal Piala Eropa U-19 2022. Piala Eropa U-19 2022 sekaligus jadi ajang kualifikasi untuk menuju Piala Dunia U-20 2023. Israel mampu melaju ke babak semifinal dengan status sebagai runner up grup di bawah Inggris.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan