MUI Dorong Pemerintah Dukung Riset Vaksin Covid-19

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Pemerintah di dorong oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mendukung penelitian pengembangan vaksin covid-19 yang dilakukan anak bangsa seperti Vaksin Merah Putih dan Nusantara.

Hal tersebut merupakan salah satu rekomenasi Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) MUI dari aspek penanganan covid-19 kepada Pemerintah pada Kamis (26/8).

Salah satu rekomendasi tersebut mendorong pemerintah agar mendukung upaya riset anak-anak bangsa untuk mendapatkan vaksin yang sesuai untuk semua kalangan, terjangkau seperti Vaksin Merah Putih dan Nusantara tanpa ada perlakuan diskriminatif.

Vaksin Merah Putih sendiri diinisiasi oleh Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijman sedangkan Terawan Agus Putranto Mantan Menteri Kesehatan. Menginisiasi Vaksin Nuantara.

MUI juga meminta Pemerintah menghentikan penerbangan dari luar negeri yang sedang marak penularan virus corona seperti India da China dan mengawasi ketat para pendatang agar virus corona tidak menyebar di Indonesia.

Tenaga Kerja Asing juga diminta dibatasi seperti dari China agar memberikan kesempatan tenaga kerja lokal yang berkompetensi karena banyak tenaga kerja lokal yang terkena imbas pandemi.

MUI mengusulkan agar penerapan PPKM dievaluasi karena telah menimbulkan masalah baru sepeti penyakit mental. Kemiskinan dan pengangguran.

Sistem pemulasaran dan penguburan jenazah juga diminta dievaluasi dan diperbaiki terutama jenazah pasien covid yang beragama Islam karena disesuaikan dengan prinsip syariah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan