Muhammadiyah Dukung Pemberian Subsidi Bagi Pekerja

Jakarta, KabarBerita.id — Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Buya Anwar Abbas memberikan pandangan dan masukannya terhadap program subsidi gaji pekerja yang dicanangkan menteri ketenagakerjaan. Sebelumnya diberitakan program ini akan menyasar pekerja yang memiliki upah di bawah Rp 5 juta yang terdampak pandemi Covid-19.

Buya Anwar mengatakan, di tengah lesunya kehidupan ekonomi saat ini akibat pandemi Covid-19, maka pemerintah harus berusaha untuk meningkatkan daya beli atau konsumsi masyarakat. Karena dengan begitu kurva demand atau permintaan akan bergerak naik, sehingga hal itu akan diantisipasi oleh dunia usaha dengan meningkatkan produksinya.

“Sehingga kurva suplai juga bergerak naik, sehingga hal demikian akan membuat kehidupan ekonomi masyarakat akan kembali menggeliat dan itulah yang kita harapkan,” kata Buya Anwar, Jumat (7/8).

Buya Anwar menyampaikan secara pribadi sangat mendukung kebijakan pemerintah tersebut untuk membantu pekerja berpenghasilan sedikit yang terdampak pandemi ini. Tetapi yang dibantu jangan hanya mereka saja, elemen masyarakat yang lain juga harus dibantu.

Menurutnya, pemerintah sebenarnya sudah membantu mereka lewat bantuan langsung tunai (BLT). Tapi jumlah yang mendapatkan bantuan terlihat masih sedikit bila dibandingkan dengan jumlah sebenarnya yang sangat patut untuk dibantu.

“Kita lihat dalam masa pandemi (Covid-19) ini, untunglah umat Islam punya instrument untuk membantu orang yang fakir dan miskin tersebut lewat medium zakat, infak dan sedekah (ZIS),” ujar Sekertaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here