Mufida: Saat Pandemi Nilai Empat Pilar Sudah Dipraktikkan

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Anggota MPR RI Kurniasih Mufidayati menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama dengan Forum Birokrat Masyarakat (FBM) di daerah Mampang, Jakarta Selatan, Sabtu (13/3/2021).

Mufida mengatakan, suasana pandemi seperti sekarang dibutuhkan satu jiwa kesetiakawanan antar sesama elemen bangsa.

“Nilai-nilai kesetiakawanan adalah pengamalan langsung nilai Pancasila sebagai salah satu pilar dari empat pilar MPR RI. Ruh sikap kita sebagai bangsa sebenarnya sudah mencerminkan semangat Pancasila itu sendiri,” ujar Mufida.

Ia mengungkapkan, kesulitan selama pandemi ini tidak bisa dihadapi sendirian, dalam hal ini misalnya hanya pemerintah saja.

“Butuh peran bersama sebab pandemi ini dialami oleh seluruh wilayah dari Sabang sampai Merauke. Inilah utamanya semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pilar selanjutnya dari MPR RI,” tutur dia.

Semangat solidaritas yang ditunjukkan anak bangsa menunjukkan dalam keseharian mereka tidak lagi membedakan perbedaan yang ada dan lebih mementingkan persatuan.

“Saat saya berkeliling ke masyarakat misalnya, jika ada yang terkena Covid-19 lingkungan sudah otomatis membatu menghadirkan bantuan hidup sehari-hari tanpa memandang suku, agama yang bisa jadi sangat berbeda. Inilah hakikat sejati penerapan Bhinekka Tunggal Ika sebagai satu pilar MPR RI,” terang Mufida.

Selain itu, papar Mufida, peran penting regulasi yang menghadirkan keberpihakan terhadap masyarakat amat perlu dan penting.

“Semua regulasi untuk mendukung penanganan Covid-19 ruhnya harus bermuara dalam UUD Negara Republik Indonesia 1945. Inilah empat pilar yang amat vital dan penting bagi perjalanan bangsa ini,” terang Anggota Komisi IX DPR RI ini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan