MTQ Kecamatan Pekanbaru Kota Sukses Digelar

  • Bagikan

Pekanbaru, KabarBerita.id — Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Pekanbaru Kota Tahun 1442 H/2021 M resmi dibuka. Pembukaan dipusatkan di Masjid Paripurna Kecamatan Pekanbaru Kota, Masjid Al Falah Darul Muttaqin. Masjid Al Falah Darul Muttaqin adalah Masjid Paripurna terbaik 1 se-Kota Pekanbaru.

Mewakili Walikota Pekanbaru, Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Azwan, M. Si sebelum membuka secara resmi MTQ Kecamatan Pekanbaru Kota menyampaikan apresiasi terhadap acara tahunan yang terakhir kali digelar pada tahun 2019 dan sempat tertunda di tahun 2020 karena pandemi Covid-19.

Azwan menyampaikan, MTQ penting digelar guna menanamkan kecintaan umat Islam terhadap Al-Quran, serta menanamkan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Yang tak kalah menarik dari acara pembukaan, yakni penampilan Qoriah tingkat anak-anak terbaik nasional (Aisyah) yang melantunkan bacaan ayat suci Al-Qur’an dalam salah satu sesi acara.

Hal ini membuat Camat Pekanbaru Kota, Nurhasminsyah optimis kafilah Kecamatan Pekanbaru Kota mampu meraih yang terbaik pada MTQ tingkat Kota Pekanbaru.

“Kita optimis kafilah Kecamatan Pekanbaru Kota mampu meraih posisi terbaik pada perhelatan MTQ tingkat Kota Pekanbaru yang sebentar lagi akan digelar,” sebut Nurhasminsyah.

Penutupan MTQ Diisi Tausiyah UAS

Tak lama berselang dilaksanakannya MTQ Tingkat Kecamatan Pekanbaru Kota, Camat Pekanbaru Kota, Nurhasminsyah, S. STP., M. Si, Sabtu (20/3), secara resmi menutup MTQ tingkat kecamatan. Pada MTQ tingkat kecamatan tahun ini, Kelurahan Sumahilang raih juara umum menggeser Kelurahan Simpang Empat yang pada tahun sebelumnya berada dipuncak.

Nurhasminsyah saat penutupan mengucapkan tahniah kepada para peserta yang keluar sebagai pemenang, dan berpesan pada seluruh elemen masayarakat agar dapat membumikan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari hari.

Selain itu, Nurhasminsyah menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas peran aktif seluruh masjid dan mushala yang ada dilingkungan Kecamatan Pekanbaru Kota atas partisipasinya dalam mensukseskan MTQ. Partisipasi itu dapat dilihat dari diutusnya para peserta yang memiliki minat dan kecintaan terhadap Al-Quran.

Penutupan MTQ tingkat Kecamatan Pekanbaru diisi dengan tausiyah Ust Dr H Mustafa Umar Lc. MA dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Pada kesempatan tersebut, Tuan Guru Ust. Dr. H. Mustafa Umar, Lc. MA ikut memberikan penghargaan atas gelaran MTQ sebagai bentuk kecintaan masyarakat terhadap Al-Quran.

Beliau juga berpesan, masyarakat madani yang sejalan dengan visi Kota Pekanbaru adalah masyarakat yang Qur`ani, masyarakat yang sadar atas pentingnya pengamalan nilai-nilai Al-Quran dalam keseharian agar hidup selamat, hidup damai dan hidup sejahtera (rahmatan lil alamin).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan