Info  

Mitos Bahaya HP di Dekat Kompor, Fakta atau Bukan?

Jakarta, KabarBerita.id — Muncul mitos di masyarakat soal ada bahaya yang mengancam jika menggunakan handphone (hp) di dekat kompor. Kabar yang beredar menyebut menggunakan ponsel dekat kompor bisa memicu ledakan.

“Wah, iya tuh pakai ponsel dekat ponsel dekat kompor bahaya juga kan tuh ya? Bisa meledak,” jelas Dita, seorang ibu rumah tangga dan relawan paruh waktu, dalam sebuah perbincangan saat menanggapi soal kejadian ledakan di SPBU yang diduga akibat radiasi sinyal ponsel beberapa waktu lalu.

Namun, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membantah isu ini. Menurut LIPI, ponsel tidak menyebabkan kompor yang ada di dapur meledak.

Menurut Peneliti Utama Elektromagnetik Desain LIPI, Harry Arjadi penyebab kompor bisa meledak karena adanya kebocoran gas elpiji.”Sebenarnya kompor bisa meledak karena ada kebocoran gas bukan disebabkan oleh memainkan ponsel saat di dapur,” ujarnya.

Maka, Harry menyarankan jika dapur disematkan pintu tersendiri, pemilik rumah harus selalu membuka pintu itu.

Sebab jika terjadi kebocoran gas dan pintu dapur dalam keadaan tertutup, potensi kompor cepat meledak bakal terjadi karena tidak ada sirkulasi udara yang masuk.

“Sirkulasi udara di dapur harus dijaga dengan baik, artinya pintu dapur harus selalu terbuka. Kalau terjadi kebocoran gas dan pintu dalam keadaan tertutup maka akan cepat meledak,” jelas Harry.

Harry malah menyarankan kepada orang tua, jangan terus-menerus memberikan ponsel kepada anak. Sebab radiasi yang ditimbulkan bakal mempengaruhi kinerja otak.

Tinggalkan Balasan